Home Pertanian Keuntungan Melakukan Vertical Garden, Ini Manfaatnya

Keuntungan Melakukan Vertical Garden, Ini Manfaatnya

keuntungan melakukan vertical garden

Agrozine – Memiliki lahan asri di lahan sempit, mungkinkah? Tentu saja, ada baiknya kamu berkenalan dengan teknik vertical garden. Penanaman tanaman dilakukan dengan cara bertingkat dan sangat cocok diterapkan di daerah perkotaan. Disebut juga teknik tanam tegak, teknik ini akan menghemat lebih banyak ruang.

Teknik vertical garden terbagi dua jenis, yakni green facade dan living wall. Dengan green facade, dinding secara langsung ditumbuhi tanaman merambat. Sedangkan dengan living wall, kamu perlu memberi media tanam tanah yang dilengkapi dengan sistem penyiraman khusus. Selain membuat lingkungan asri, kamu dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai hiasan. Penasaran kan? Yuk mengulik keuntungan melakukan vertical garden!

 

  1. Vertical garden dapat meningkatkan kualitas udara yang masuk ke rumah dan bangunan karena disusun secara vertikal. Adanya oksigen dari tanaman membuat ruangan lebih sejuk. Apabila tanaman diletakkan di luar rumah, polusi yang berasal dari luar seperti asap kendaraan dapat diserap.
  2. Tumbuhan yang disusun secara vertikal dapat mempercantik tampilan bangunan dan rumah. Tembok rumah yang sudah lapuk dapat tertutup dengan keindahan tanaman. Keberadaan tanaman ini dapat menciptakan atmosfer tenang dan nyaman sebagai media relaksasi.
  3. Sistem perawatan vertical garden tergolong mudah dan praktis. Selain itu, tanaman yang tersusun tegak akan lebih aman dari serangan hama dan penyakit tanaman.
  4. Tanaman dapat melindungi eksterior rumah dari paparan sinar matahari langsung. Cat tembok akan lebih awet karena tidak terkena hujan dan panas.
  5. Yang pasti, kamu dapat menghemat penggunaan lahan dengan teknik tanam tegak. Tak perlu memikirkan space ruangan, beragam tanaman bisa ditanami dengan cara vertikal.
  6. Untuk membuatnya, kamu dapat memanfatkan barang-barang bekas seperti botol, paralon, dan cup gelas. Sehingga, penanamannya lebih ramah lingkungan.
  7. Taman ini dapat dijadikan sebagai sarana menumbuhan tanaman obat dan tamanam konsumsi. Misalnya, komoditas selada dan gingseng dapat tumbuh dengan baik pada teknik tanam tegak. Bahkan tanaman buah seperti anggur, markisa, dan labu yang memiliki struktur rambat.
  8. Kamu dapat langsung memetik hasil panen sayur di rumah. Sehingga tidak perlu membeli di pasar, dan yang pasti sayur akan lebih segar. Kita juga dapat menghindari penggunaan pestisida ataupun pupuk kimia yang dapat meninggalkan residu yang buruk untuk kesehatan tubuh.

 

 

Nah, sekarang kita telah mengetahui keuntungan melakukan vertical garden. Ternyata banyak manfaat yang dapat kita rasakan dari teknik ramah lingkungan ini. Yuk, manfaatkan pekarangan menjadi lebih produktif dengan tanaman. (rin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here