Home Pertanian Kinmemai Premium, Beras Paling Mahal Sejagat

Kinmemai Premium, Beras Paling Mahal Sejagat

cafef.vn

Agrozine – Jelas ini bukan beras sembarangan. Beras Kinmemai Premium ini berasal dari negara Jepang. Beras ini dinobatkan jadi beras termahal di dunia karena kisaran harganya yang mencapai jutaan rupiah per kilogramnya. Beras ini digunakan oleh beberapa restoran mewah di Indonesia dan Singapura untuk menghasilkan nasi super istimewa yang tentu harganya juga super mahal.

Beras atau nasi memang menjadi makanan pokok atau makanan utama orang-orang Asia. Tak heran jenis beras paling mahal di dunia pun munculnya di Jepang. Pada tahun 2016 lalu beras ini resmi dinobatkan sebagai beras termahal di dunia. Beras asal Minamiuonuma, Jepang tersebut memiliki harga yang mahal salah satunya karena proses produksi yang begitu sulit.

Minamiuonuma adalah wilayah penanaman padi utama Koshihikari di Jepang, yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan. Lokasi geografis yang mirip cekungan ini memungkinkan rentang suhu yang substansial, dan akses ke kandungan mineral yang kaya dari mata air alami Gunung Echigo-Komagatake. Wilayah ini menghasilkan tanaman padi  Kinmemai Premium dengan butiran beras yang lebih besar dari rata-rata.

Kinmemai adalah merek dagang terdaftar Jenis beras Kinmemai dikenal karena kualitas berasnya yang sangat bagus,  berasnya pulen dan rasanya enak. Disebut sebagai beras terbaik di dunia, tak heran kalau beras ini memiliki harga paling mahal di dunia. Kinmemai merupakan jenis beras premium yang diproduksi oleh Toyo Rice Corporation. Sejak tahun 1991 perusahaan ini sudah fokus mengembangkan produksi beras berkualitas tinggi.

Melalui penelitian selama enam dekade oleh Tokyo Rice Corporation, menghasilkan dua jenis beras dengan label Kinmemai, yakni ‘the Better White Rice’ dan ‘the Better Brown rice’ yang tak hanya lebih baik untuk tubuh, tapi juga menggunakan metode terbaik pula.

Beras Kinmemai juga memiliki kandungan rendah kalori, kaya akan nutrisi, dan juga serat. Beras ini mengandung vitamin B1, B6, E serta niacin dan asam folat sehingga membantu tingkatkan kesehatan. Selain itu, beras ini juga aman dikonsumsi penderita diabetes.
Kinmemai premium diciptakan dari campuran lima varietas padi yang merupakan pemenang penghargaan, yaitu Prefektur Gunma, Gifu, Kumamoto, Nagano dan Niigata. Sebelum dijual, beras Kinmemai Premium akan disimpan dan ‘dimatangkan’ selama 6 bulan untuk meningkatkan tekstur dan juga rasanya. Jika dibandingkan dengan beras Jepang biasa, Kinmemai Premium ini lebih unggul dalam hal rasa, tingkat kemanisan, dan juga profil nilai gizinya.

Berbeda dengan beras biasa yang perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak.
Kinmemai Premium adalah beras bebas bilas. Beras sudah dibersihkan dan dipilih hanya yang berpermukaan paling mengkilap. Vitamin, mineral, serta nutrisi bakal lebih banyak didapat dari tiap butiran beras. Jauh lebih berserat dari nasi biasa, serta memiliki vitamin B1 lebih banyak. Tanpa kimia dan bahan pengawet, beras Kinmemai Premium sudah terjamin rasa dan mutunya. Proses penanamannya sendiri pun sama sekali tak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Beras ini memiliki rasa kuat dan kaya rasa yang akan kamu rasakan di setiap sudut mulut, lebih unggul dari nasi putih konvensional. Beras ini juga menawarkan nilai gizi yang tak tertandingi, mengandung lipopolysaccharides (LPS) 6 kali lebih banyak — penguat sistem kekebalan alami yang membantu menjaga kesehatan dan melawan penyakit.
Toyo Rice Corporation mengungkapkan bahwa Kinmemai Premium ini bisa disebut sebagai ‘Superfood’ yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Superfood atau makanan sehat kaya nutrisi jadi incaran banyak orang yang peduli dengan pola makan dan gaya hidup mereka.
Beras ini diolah menggunakan teknik buffing, yang merupakan teknik pengolahan padi yang menghasilkan teknik pengolahan padi dengan tetap menjaga lapisan sub aleuron dan germ. Lapisan ini banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B1, B6, E, niacin, dan asam folat.
Beras termahal ini tak hanya dipasarkan di Jepang saja, tapi juga dijual di beberapa wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia bahkan sampai Amerika dan Australia. Kinmemai Premium dihargai sekitar USD 109 (Rp 1,5 juta) per kilogramnya sehingga beras ini masuk ke dalam kategori beras paling mahal di dunia. Karena harganya yang sangat mahal, Kinmemai Premium ini terdaftar di buku Guinness World Records sebagai beras dengan harga paling mahal di dunia. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here