Home Kampus Kisah Aditya Adi Nugroho Breeder Ikan Koi Sukses Dari Klaten

Kisah Aditya Adi Nugroho Breeder Ikan Koi Sukses Dari Klaten

breeder ikan koi sukses

Agrozine.id – Ikan koi terkenal sebagai ikan hias yang banyak disukai karena memiliki corak dan warna yang cerah serta indah. Banyak persilangan yang dilakukan membuat jenis ikan koi ini sangat beragam. Hal inilah yang menjadi pertimbangan para penghobi ikan koi untuk memeliharanya. Tingginya minat terhadap ikan hias ini, tak ayal membuat pembudidaya ikan semakin banyak yang mengusahakan ikan hias sebagai komoditas andalan. Salah satunya yaitu Aditya Adi Nugroho seorang breeder ikan koi sukses asal Klaten, Jawa Tengah.

Aditya Adi Nugroho atau lebih sering dikenal dengan nama Aen merupakan seorang mahasiswa Prodi Akuakultur, Fakultas Pertanian, UGM Yogyakarta. Berawal dari hobi, kini Aen telah berhasil menekuni di bisnis budidaya ikan koi.

Baca Juga : Kisah Mahasiswa Hukum Sukses Bisnis Budidaya Ikan Koi

Sebelum terjun pada budidaya ikan koi, sejak kecil Aen memang telah hobi memelihara berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan konsumsi, ikan predator, dan sebagainya. Lalu, semenjak tahun 2018 ia mulai fokus untuk budidaya ikan koi. Alasan Aen beralih memelihara ikan koi ini sebenarnya ia melihat ada peluang pasar untuk bisnisnya, kemudian mortalitas ikan koi ini bisa dibilang cukup tinggi, dan yang terakhir Aen lebih menyukai memelihara ikan yang berukuran besar seperti koi ini.

“Sejak kecil sebenernya udah seneng memelihara ikan konsumsi. Tapi, sejak SMA itu sudah mengenal ikan predator dan mulai berjualan. Tapi, pada saat itu ada ikan Arapaima yang dilepas di sungai Brantas, terus akhirnya ikan predator itu nggak boleh. Akhirnya yaudah semua ikan predator saya jual. Kebetulan saya waktu itu ketemu sama mas Deni (Jatinom Koi) seorang penjual sekaligus breeder ikan koi. Setelah banyak mengobrol kok cocok dan akhirnya kita kerjasama sampai sekarang,” ungkap Aen.

breeder ikan koi sukses

Saat ini, jenis-jenis ikan yang dipelihara oleh Aen mayoritas adalah jenis Showa, Sanke, dan Kohako. Aen mengatakan 3 jenis tersebut merupakan pemeran utama ikan koi dan yang paling laris di pasaran, lalu untuk jenis ikan koi pendukung lainnya yaitu ada jenis ogon, chagoi, shusui, asagi, dan sebagainya.

Baca Juga : 6 Tips Budidaya Ikan Koi, Dijamin Sukses

“Untuk jenis ikan koi yang saya breeding ada Showa, Sanke, dan Kohako. Kemungkinan yang ready setiap saat ya 3 jenis itu, sisanya sekadar tambahan saja,” tambahnya.

Aen membedakan segmentasi pasar untuk ikan koi miliknya ini ada 2 macam, yaitu ikan koi dengan harga murah dan mahal. Biasanya untuk ikan koi dengan harga mahal target pasarnya yaitu menyasar ke penghobi atau pemain kontes.

“Segmentasi pasar dari yang biasa sampai yang bagus itu semua ada. Karena sekali kita breed itu nggak semuanya bagus nggak semuanya jelek. Jadi yang bagus dijual yang jelek juga dijual,” ujar Aen.

Untuk penjualan ikan koi, Aen tidak melakukannya secara langsung. Namun, ia dibantu oleh salah satu penjual ikan koi di Klaten. Aen mengatakan jika ia saat ini lebih fokus menjadi seorang breeder saja.

breeder ikan koi sukses

Ilmu tentang budidaya ikan koi ia dapatkan dari belajar dengan para pembudidaya ikan koi yang sudah berpengalaman sebelumnya. Ia sering mengunjungi petani koi untuk mencari referensi yang kemudian nanti akan ia terapkan pada usaha miliknya.

“Untuk memelihara ikan koi ini butuh belajar. Tidak bisa kita punya uang langsung beli begitu saja. Jadi kita butuh belajar bagaimana cara merawat airnya, cara karantina ikan itu seperti apa,” kata Aen.

Di awal perjalanannya, Aen sempat mengalami kegagalan dalan breeding ikan koi, beberapa ikan koi miliknya mati. Hal tersebut dikarenakan fasilitas yang belum mamadai dan juga ilmu yang masih kurang.

Namun, sekarang Aen sudah memiliki beberapa fasilitas yang memadai contohnya saja kolam budidaya ikan koi mulai dari kolam pembenihan, kolam pembesaran, dan kolam pemeliharaan indukan.

Selama menjalankan breeding ikan koi, meski beberapa kali mengalami kegagalan dan kerugian akibat beberapa faktor seperti contohnya kualitas air, serangan hama dan penyakit, Aen mengaku sangat menikmati dan senang menjalaninya. Karena sejak awal ia sudah memiliki hobi dan senang budidaya ikan hias yang satu ini. Berkat ketekunan dan kegigihannya tersebutlah yang menjadikannya seorang breeder ikan koi sukses.

Aen berharap kedepannya budidaya ikan hias seperti ikan koi khususnya di Klaten yang merupakan sumber air dapat berkembang lebih besar lagi. Dan untuk para millenial dapat melihat peluang bisnis budidaya ikan koi yang menjanjikan ini. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here