Home Kampus Kisah Gandi, Membangun Usaha Peternakan Ayam Petelur Sambil Kuliah

Kisah Gandi, Membangun Usaha Peternakan Ayam Petelur Sambil Kuliah

Agrozine.id – Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh sosok I Made Gandi Jayantara, Ketua BEMKM Universitas Udayana yang juga merupakan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Peternakan Unud.

Namun meski dengan segudang kesibukannya dalam kuliah dan menjalankan organisasi, tidak membuat Gandi melewatkan begitu saja waktu luang yang ia miliki di sela-sela kesibukan tersebut. Memanfaatkan waktu luang yang tidak banyak itu, Gandi menjalankan usaha peternakan ayam petelur di rumahnya.

“Diluar aktivitas kuliah dan organisasi saya menjalankan satu usaha peternakan, beternak ayam petelur. Ya untuk mengisi waktu luang di sela-sela kegiatan aja sih “, jelasnya.

Di awal menjalankan usahanya, Gandi mendapat pinjaman modal dari orangtuanya dan ia memulai usaha ternak ayam petelur dengan populasi awal 3000 ekor. Dikatakannya investasi awal untuk beternak ayam petelur tidak sebanyak ternak-ternak lainnya, namun keuntungan yang didapatkan lumayan menjanjikan. Hal itulah yang menjadi alasannya memilih untuk mengembangkan usaha ayam petelur yang kini sedang digelutinya.

“Ternak ayam petelur itu investasi awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar tapi keuntungan yang didapat lumayan. Jadi investasi tidak terlalu besar dengan keuntungan yang lumayan daripada investasi besar tapi keuntungannya kecil”, ujar Gandi.

Usaha ternak ayam yang sudah dijalankan Gandi dalam waktu sekitar 14 bulan tersebut kini sudah mulai memberikan keuntungan yang menurutnya memuaskan dan sesuai dengan modal awal yang ia keluarkan untuk memulai usahanya. Saat ini pemasaran hasil produksi ternak ayamnya masih di sekitar Kabupaten Bali tempat tinggalnya saja. Namun pria asli Bali tersebut berharap semakin hari nanti usahanya bisa semakin maju.

“Sejauh ini keuntungan yang didapat cukup memuaskan ya, sesuai dengan modal yang dikeluarkanlah waktu awal membangun usaha ini dulu. Tapi keinginan untuk menambah populasi dan mengembangkan usaha tentu ada. Kalau untuk pemasaran sendiri masih belum luas sih, masih di sekitaran Kabuapaten aja, tapi mudah-mudahan nanti bisa semakin luas”, ujarnya.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, kini Gandi sedang fokus untuk menyelesaikan tugas akhirnya dan setelah lulus kuliah nanti dirinya berniat untuk terus mengembangkan usaha ternak ayam petelur yang sedang dijalankannya. Namun diluar itu, ia juga ingin mencoba bekerja di salah satu perusahaan atau indsutri peternakan yang sesuai dengan bidang pendidikan yang dipelajarinya saat ini.

“Tentu selain ingin cepat lulus, nantinya setelah lulus juga ingin bekerja karena akan jadi kritikan yang tajam nanti kalau sudah lulus kuliah tapi belum bekerja. Tapi diluar bekerja juga pastinya akan terus melanjutkan usaha yang sudah ada sekarang sembari terus menchallege diri untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang peternakan”, ujar Gandi. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here