Home Perikanan KKP Resmikan Pusat Inkubasi Bisnis AUP, Siapkan Lulusannya Jadi Wirausaha

KKP Resmikan Pusat Inkubasi Bisnis AUP, Siapkan Lulusannya Jadi Wirausaha

Pusat Inkubasi Bisnis

Agrozine.id – Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) yang merupakan satuan pendidikan dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meresmikan Pusat Inkubasi Bisnis (Business Incubation Center), di awal tahun ini.

Peresmian Pusat Inkubasi Bisnis di Politeknik AUP tersebut dilandasi oleh satuan Pendidikan Kelautan dan Perikanan (KP) di bawah binaan Pusat Pendidikan KP, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), menargetkan 10 persen lulusannya menjadi wirausaha muda.

Baca juga: KKP Ajak Stakeholder untuk Bersinergi Jaga Sumber Daya Laut Indonesia

Kepala Pusat Pendidikan KP, Bambang Suprakto, menyampaikan bahwa dalam mencetak generasi muda untuk menjadi seorang wirausaha, yang utama adalah passion yang dimilikinya.

Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh satuan pendidikan KP dituntut untuk dapat menerapkan strategi pendidikan, dengan melaksanakan program kewirausahaan yang terstruktur dari semester awal sampai semester akhir melalui kokurikuler ataupun extrakurikuler.

“Dengan sistem vokasi serta pendekatan teaching factory, lulusan yang dihasilkan tidak hanya berupa praktisi pekerja, tetapi juga wirausaha,” tutur Bambang, dikutip dari siaran pers KKP.

Dalam rangka pengembangan SDM dengan mempersiapkan lulusan untuk dapat diserap oleh dunia usaha dan industri maupun berwirausaha sendiri, BRSDM melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan berbagai pihak.

“Kami juga akan meningkatkan persentasi jumlah penerimaan peserta didik, dari semula 50 persen, menjadi 75 persen peruntukkannya bagi anak pelaku utama (pembudidaya, penangkap, pengolah ikan, dan petambak garam) yang kurang mampu,” jelas Bambang.

Sementara itu, Direktur Politeknik AUP, Ilham, menuturkan bahwa Program Kewirausahaan Taruna di Politeknik AUP sudah berjalan sejak 2018. Dari program tersebut sudah menghasilkan berbagai produk, baik produk Pengolahan, Budidaya, Penangkapan dan Mesin, dan Pengolahan Sumber Daya.

Baca juga: KKP Dorong Peningkatan Produksi Udang Nasional

Program kewirausahaan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu upaya mebekali peserta didik agar dapat memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

Ilham mengatakan, salah satu produk inovasi adalah LSA Bacteria yang akan diinkubasi di Unit Inkubator Politeknik AUP sebelum mereka bisa mandiri.

Ia menjelaskna, LSA Bacteria mempunyai keunggulan  meningkatkan nutrisi pakan sampai dengan 10 persen, mengoptimalkan kecernaan dan kesehatan udang, meningkatkan pertumbuhan dan memperbesar persentase kelangsungan hidup biota, dan mampu meningkat produksi sampai 3 ton per Ha. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here