Home Kampus Kolaborasi UNPAD dan ITB Lahirkan Alat Tes COVID-19

Kolaborasi UNPAD dan ITB Lahirkan Alat Tes COVID-19

Di tengah pandemi yang sedang mewabah, para peneliti di penjuru dunia berupaya menciptakan alat pengujian efektif. Tidak ketinggalan, peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang turut berpartisipasi dan memberikan sumbangsihnya. Melalui kolaborasi ini, lahir dua alat tes yang dapat mendeteksi keberadaan virus Covid-19. Dikembangkan bersama Industri bioteknologi Jawa Barat, kedua alat ini diberi nama Deteksi CePAD dan Surface Plasmon Resonance (SPR).

Inovasi karya anak bangsa ini diklaim efektif melakukan deteksi dini dan mendapat sambutan baik dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurutnya, Rapid Test 2.0 alias Deteksi CePAD lebih efektif dibandingkan dengan Rapid Test lain yang mengetes benda asing dalam antibodi, namun tidak spesifik ke virus. Alat ini menggunakan antigen dan tingkat akurasinya mencapai 80 persen. Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) juga terkesan karena SPR tidak perlu laboraturium rumit dan bisa mendeteksi adanya interaksi antara virus dengan antibodi. “Inilah sumbangsih para ilmuwan yang bela negara melalui ilmunya. Bangsa kita bisa memproduksi alat-alat biotek sendiri,” ujarnya.

Kepala Pusat Riset Bioteknologi Molekular dan Bioinformatika Unpad, Toto Subroto, menuturkan kedua alat ini masih dalam proses validasi. Setelah lolos dan layak digunakan, alat tersebut akan diuji coba dengan sampel ODP atau PDP Covid-19. “Harapannya bulan Juni kita validasi sampel, untuk validasi kita lakukan 5000 – 10.000 produksi untuk kepentingan validasi.  Bila alat ini ingin ditambah produksinya, tentunya perlu peningkatan validasi,” jelas Yusuf.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti menambahkan, kedua alat ini merupakan komitmen perguruan tinggi untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. “Alat ini lebih lebih cepat dan murah. InsyaAllah tidak lama lagi bisa dimanfaatkan oleh kita semua,” ujar Rina. //(ririn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here