Home Pertanian Kunci Sukses Jadi Petani Jaman Now

Kunci Sukses Jadi Petani Jaman Now

Kunci Sukses Jadi Petani

Pertanian adalah bisnis yang senantiasa berubah dan memerlukan perhatian yang cermat terhadap detail agar benar-benar sukses. Berikut tujuh tips sukses yang layak dipertimbangkan, baik untuk Anda yang baru bertani atau yang telah bertani seumur hidup.

Buat Rencana Usaha
Dalam kondisi ekonomi pertanian saat ini, sangat penting untuk memiliki rencana usaha, buatlah lebih dari satu. Buat rencana bisnis dan patuhi. Ini adalah dokumen hidup. Jadi, rujuklah sepanjang tahun dan buat perubahan seperlunya. Rencana pemasaran akan membantu Anda memutuskan produk apa yang Anda rencanakan untuk dijual, kapan dan di mana Anda akan menjualnya (pasar petani, grosir, restoran).
Rencana manajemen risiko sangat penting. Kecelakaan terjadi, orang sakit, peralatan pecah, cuaca tidak dapat diprediksi – singkatnya, buat daftar kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Buat rencana operasi. Pikirkan semua kegiatan yang diperlukan untuk membuat bisnis Anda sukses dan siapa yang akan bertanggung jawab atas tugas apa. Yaitu, siapa yang akan mencatat keuangan, siapa yang akan melakukan pekerjaan budidaya, siapa yang akan menjalankan program pemuliaan, dan lain-lain.

Cash Flow
Menjual produk pertanian sering kali merupakan bisnis tunai dan Anda harus berhati-hati dengan semua uang itu. Catat setiap sen yang Anda hasilkan dan belanjakan. Usahakan untuk memasukkan uang itu ke bank.

Investasi
Peralatan pertanian, peralatan peternakan, serta ternak itu sendiri tidak murah, tetapi merupakan investasi penting. Pikirkan pembelian investasi utama, tentukan bagaimana Anda akan membiayainya, dan bagaimana investasi itu akan menguntungkan usaha pertanian Anda.

Asuransi dan Perizinan
Bicaralah dengan agen asuransi Anda dan jelaskan apa yang ingin Anda lakukan. Agen yang baik akan membantu Anda melalui seluk beluk bisnis dan memastikan Anda dilindungi. Jangan takut terhadap regulator atau asuransi – mereka dapat membantu dan melindungi Anda. Asuransi, perizinan, dan lisensi semuanya adalah bagian dari proses menjadi bisnis yang sah dan aman.

Support System
Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang akan memotivasi saat semangat Anda turun, tetapi juga memberikan peringatan dan nasihat jika Anda menuju ke arah yang salah. Berdiskusilah dengan sesama petani dan para pebisnis profesional di luar pertanian yang dapat memberi Anda nasihat yang baik dan jujur ​​dari sudut pandang baru.

Fokus
Pilih satu bidang pertanian yang benar-benar Anda sukai, yang Anda kuasai, dan memiliki potensi menghasilkan uang. Hanya ada 24 jam sehari. Jadi, habiskan waktu Anda untuk hal-hal yang membuat bisnis Anda sukses. Jangan menjadi terlalu beragam ketika Anda tidak siap. Hal yang sama berlaku juga untuk pasar: Fokuskan waktu di tempat-tempat yang paling menguntungkan bagi Anda.

Fleksibel
Jangan takut untuk mengubah rencana Anda ketika semuanya tidak berfungsi. Tinjau rencana pertanian Anda dan buat perubahan yang diperlukan untuk membuat rencana Anda berhasil.

Sumber: “10 keys to a successful farm business,” University of California Cooperative Extension.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here