Home Kampus Lalat Frugivor pada Tanaman Cabai di Berbagai Wilayah Jawa

Lalat Frugivor pada Tanaman Cabai di Berbagai Wilayah Jawa

Agrozine.id – Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang cukup strategis mengingat kebutuhan akan cabai baik di kota maupun di desa sangat tinggi. Cabai juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena peranannya sebagai komoditas ekspor dan untuk pemenuhan kebutuhan domestik. Namun terdapat banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas cabai, diantaranya adalah faktor penyakit dan hama. Salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabai adalah lalat frugivor. Di wilayah Jawa, lalat frugivor pada tanaman cabai ini cukup banyak ditemukan.

Lalat frugivor adalah serangga yang menyerang tanaman tanaman sayuran dan buah-buahan yang menyebabkan tanaman menjadi rusak. Di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 66 jenis lalat buah dan hingga saat ini Indonesia masih terkendala oleh minimnya penelitian pembaharuan status hama lalat buah sedangkan masyarakat pun masih belum terlalu menganggap lalat ini menjadi ancaman serius untuk tanaman pertanian mereka.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Macam Biopestisida yang Ramah lingkungan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Agung Nugroho dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB University ditemukan sebanyak 302 individu lalat buah yang menginvasi tanaman sayuran dan buah termasuk cabai di daerah Jawa. Jenis lalat buah tersebut terdiri dari Bactrocera dorsalis yaitu hama yang umum menginvsetasi tanaman buah dan sayuran dan tersebar di berbagai negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara, Silba capsicarum yang dapat berkembang pada buah, bunga atau biji tanaman yang dibudidayakan maupun tanaman liar, Drosophilidae yaitu kelompok lalat yang memiliki sayap transparan dan biasanya menyerang tanaman buah dan sayuran.

Sebagian besar jenis lalat buah yang ditemukan tersebut mendominasi di wilayah Subang, Wonogiri, Pandeglang, Cianjur, Kuningan dan Bandung. Dan berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar lalat buah tersebut lebih banyak menyerang tanaman cabai rawit daripada cabai keriting.

Baca Juga: Hama Ulat pada Tanaman Jagung Muda dan Pengendaliannya

Adapun lalat buah yang memiliki frekuensi terbanyak ditemukan di lapangan adalah Silba capsicarum yang selama ini dianggap sebagai hama utama pada tanaman cabai.

Itulah jenis lalat frugivor pada tanaman cabai di berbagai wilayah Jawa. Oleh karena itu masih diperlukan upaya penelitian lainnya dengan lebih rinci untuk mendapatkan cara mengatasi serangan hama lalat buah pada tanaman cabai sehingga resiko gagal panen akibat hama dapat diminimalisir. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here