Home Pertanian Launching Teaching Factory Polbangtan Bogor, Lakukan Studi Banding Ke Balitri

Launching Teaching Factory Polbangtan Bogor, Lakukan Studi Banding Ke Balitri

Agrozine.id – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor akan menerapkan Teaching Factory pembibitan tanaman industri di kampus sebagai salah satu peningkatan sarana pembelajaran mahasiswa. Untuk mempersiapkan peluncuran Teaching Factory tersebut, tim dosen Polbangtan Bogor melakukan kunjungan studi banding pembibitan industri di Balai Penelitian Tanaman Industri (Balitri), Parung Kuda Sukabumi Jawa Barat. Teaching Factory Polbangtan Bogor ini akan menjadi salah satu sarana pembelajaran tambahan untuk mahasiswa melakukan praktikum.

Kunjungan ke Balitri dilakukan oleh Achmad Musyadar dan Bayu Adirianto selaku tim dosen jurusan pertanian Polbangtan Bogor. Kedatangan kedunya ke Balitri disambut langsung oleh Kepala Balai, Bapak Tri Joko Santoso dan peneliti, Bapak Samsudin.

Baca Juga: Penerapan Konsep Kebun Raya Daerah Tepat untuk Daerah Berkembang 
dan Peduli Lingkungan

“Kami dari Balitri ingin kunjungan dari Polbangtan dilanjutkan ke kerjasama antar lembaga melalui PKS. Melalui PKS kita dapat bekerjasama di bidang pembibitan, program magang mahasiswa dan penelitian. Kita perlu kolaborasi agar pengembangan tanaman industri semakin baik. Kami akan berkunjung ke Polbangtan untuk melihat kondisi perkebunan disana”, ujar Kepala Balitri.

Saat melakukan kunjungan ke Balitri, tim dosen dari Polbangtan langsung menuju kebun dan lahan yang digunakan untuk koleksi, riset produksi dan agrowisata bagi masyarakat umum. Di kebun tersebut terdapat banyak jenis tanaman yang dibudidayakan mulai dari komoditas utama yaitu kopi, kelapa, cokelar, karet, aren, porang dan pala. Selain itu desain pembibitan di Balitri dilakukan melalui tahap pre nursery dan main nursery. Alat yang diperlukan diantaranya tandon, pompa air, peralatan berkebun dan kebun bahan tanaman itu sendiri untuk membangun nursery.

Baca Juga: Mengenal Sekolah Kedinasan Pertanian di Bogor

Menurut Bayu Adirianto, unsur pendukung yang perlu disediakan untuk merealisasikan pembangunan teaching factory seperti sarana prasarana jalan menuju kebun/lahan dan tenaga teknis maupun THL.

“Rencana tindak lanjt akan dilakukan dari hasil studi banding ini. Polbangtan Bogor akan mendesain persemaian tanaman industri. Polbangtan Bogor akan melakukan kerjaama dengan Balitri melalui PKS dalam hal perlindungan plasma nutfah tanaman industri dan program magang/penelitian untuk mahasiswa”, ujar Bayu Adirianto. Pembangunan Teaching Factory Polbangtan Bogor akan segera dilaunching dan diharapkan bisa menjadi sarana pembelajaran yang baru untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here