Home Kampus Lebih Dekat dengan Daryl, Warehouse Hub Coordinator Sayurbox

Lebih Dekat dengan Daryl, Warehouse Hub Coordinator Sayurbox

Agrozine – Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat sosok Daryl Aziz Alifio, lulusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran 2014. Daryl mengaku, Agribisnis bukanlah pilihan pertamanya saat menentukan jurusan kuliah. Kendati demikian, ia merasakan manfaat dari mata kuliah yang dipelajarinya selama studi dan dapat diaplikasikan saat berhadapan langsung dengan petani.

“Mata kuliah saat kuliah terpakai saat kerja. Contohnya mata kuliah Komunikasi Agribisnis, sangat berguna saat berkomunikasi dengan petani. Jadi tahu bagaimana cara penyampaian ke petani dan cara ngasih feedback ke petani di lapangan,”jelas Daryl. Begitu pula, mata kuliah Pengambilan Keputusan Agribisnis, karena banyak kendala teknis yang terjadi di lapangan dan ia dituntut sigap untuk mengambil suatu keputusan.

Saat ini, Daryl berprofesi sebagai Warehouse Hub Coordinator pada startup pertanian Sayurbox. Ia bertanggung jawab mengawasi kegiatan pada dua warehouse wilayah Bandung yakni di Lembang dan Cibodas. “Tugasnya receiving, melihat kesesuaian barang dari pusat ke gudang kita. Lalu, mengawasi para repacker sayur yang merupakan pekerja harian lepas. Aku juga memastikan kesejahteraan para pekerja dan mengawasi kinerja mereka,” kata Daryl.

Pria kelahiran Bandung, 4 Agustus 1996 ini juga mengawasi inventaris gudang dan kegiatan logistik seperti pengiriman barang. Daryl memastikan kendaraan yang sebaiknya digunakan untuk pengiriman produk sayuran yang biasanya menggunakan truk CDD (Colt Diesel Double) ataupun mobil box pendingin. Saat berhadapan dengan petani, ia merasa petani jauh lebih pintar di lapangan. “Tantangannya belajar pertanian lebih lanjut di lapangan, baik dari teknis pasca panen hingga panen,” ujar Daryl.

Ia menambahkan, selama pandemi Covid-19 jumlah order sangat meningkat. “Warehouse sempat kewalahan karena dari jumlah 2000 order mencapai 5000 order di Jakarta,” Terdapat sekitar 30 hingga 40 item yang ada di Warehouse yakni tanaman hortikultura seperti brokoli, bayam, baby buncis, jamur, dan paprika. Saat ini Sayurbox telah memiliki 500 supplier dari berbagai wilayah di Indonesia. Sementara, petani yang menjadi mitra Sayurbox di Bandung berasal dari Lembang, Cibodas, dan Cikole.

Daryl berbagi pengalamannya bekerja di startup pertanian. Pekerjaan dirasa sangat menyenangkan dan tidak menekan. “Kerjanya santai, asalkan target tercapai dan sesuai KPI,” ujarnya. Diluar kesibukannya, Daryl juga memiliki beberapa hobi yang kerap dilakukannya seperti berenang untuk menjaga badan tetap prima. Saat ini, ia tengah menekuni bahasa Jepang dan juga hobi fotografi. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here