Home Kampus Lebih Dekat dengan Kang Gema, Dosen Faperta Unpad

Lebih Dekat dengan Kang Gema, Dosen Faperta Unpad

Agrozine – Profesi dosen tidak membatasi hobinya dalam menulis buku. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat seorang dosen program studi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjadjaran (Unpad) Gema Wibawa Mukti yang akrab disapa kang Gema. Beliau merupakan seorang dosen Faperta yang tengah menempuh studi S3 jurusan Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Unpad. Sebelumnya, pria kelahiran Bandung, 5 Maret 1980 ini menempuh sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dan magister Agribisnis di Faperta Unpad.

Ketertarikan Kang Gema untuk terjun ke dunia pertanian dipengaruhi oleh latar belakang keluarga. Sewaktu kecil, bibinya yang bekerja di Dinas Pertanian sering mengajaknya ke Balitsa (Balai Penelitian Tanaman Sayuran) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Lembang. Karena sering diajak kesana, Kang Gema semakin sering melihat kondisi pertanian. Alasan kedua yang membuatnya tertarik adalah peluang bisnis yang menjanjikan dari pertanian.

“Prinsipnya sederhana, setiap orang pasti makan dan membutuhkan makanan. Pertanian adalah sebuah bisnis yang sangat potensial untuk ditekuni,” ujar Kang Gema. Selama menjadi dosen Faperta, bertemu mahasiswa dan mengajar di kelas dirasa sangat menyenangkan. “Seperti kata ustad, sebaik-baiknya orang adalah yang memberikan manfaat untuk orang lain. Sebagai dosen dapat memberikan sesuatu pada orang lain dengan sharing,” ujarnya.

Selain berprofesi sebagai dosen di Fakultas Pertanian Unpad, Gema Wibawa Mukti juga merupakan seorang penulis buku di bidang Kewirausahaan. Hobinya ini lahir karena beliau mengaku dirinya sulit menghafal. “Dengan menulis, saya memaksakan diri untuk membaca. Biasanya sesuatu yang dituliskan kembali membuat saya jadi lebih ingat. Berbeda kalau menghafal, hari ini ingat besok bisa lupa,” jelas Kang Gema.

Dari iseng-iseng menulis, tulisannya masuk ke penerbit. Salah satu bukunya yang berjudul “Petani adalah seorang Wirausaha?” lahir karena opini masyarakat yang menilai petani bukanlah seorang entrepreneur, namun beliau berfikir sebaliknya. Kang Gema juga menulis buku untuk memotivasi diri seperti buku yang berjudul “Be Different, Be Success, Be Yourself”, “Langkah-Langkah Kecil untuk Menjadi Seorang Pribadi Sukses”, dan “25 Cara Sederhana untuk Memotivasi Diri Sendiri”.

Saat ini, kang Gema sedang fokus dalam akademik untuk disertasinya. Selain itu, beliau juga aktif dalam Pusat Inkubator Bisnis Unpad Oorange dan membina pelaku UMKM. Diakuinya, ide disertasi juga muncul dari keaktifannya dalam inkubator bisnis. Kang Gema yakin harus bergabung karena sesuai dengan bidang kajiannya, yakni Kewirausahaan. “Saya harus mencoba mengaplikasikan bidang ilmu tersebut karena bila hanya teoritis percuma. Saya harus coba di lapangan seperti apa,” pungkasnya. (rin)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here