Home Kampus LPPM IPB University dan Planet Nufo Jalin Kolaborasi Ketahanan Pangan

LPPM IPB University dan Planet Nufo Jalin Kolaborasi Ketahanan Pangan

Agrozine.id – Kemampuan swasembada pangan menjadi kunci kesejahteraan rakyat dan bangsa. Karena itu lahan pertanian menjadi sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. LPPM IPB University dan Planet Nufo jalin kolaborasi untuk ketahanan pangan.

“Kunci kesejahteraan rakyat dan bangsa adalah mampu swasembada pangan. Lahan merupakan warisan yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup manusia”, kata Dr Sofyan Sjaf, Wakil Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat-Lembaga Penelitian dan Kemasyarakatan IPB University saat memberikan motivasi di Sekolah Alam Planet Bufo, Rembang Jawa Tengah.

Dalam kegiatan tersebut, Dr Sofyan menekankan pentingnya menjaga ketahanan pangan. Dr Sofyan didampingi oleh Danang Aria Nugroho SE dan dua anggota Tim KOmunikasi LPPM IPB University saat melakukan kunjungan ke Sekolah Alam Planet Nufo.

Selain memberikan motivasi, Dr Sofyan juga memberikan apresiasi kepada Sekolah Alam Planet Nufor lantaran mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri di lingkungan internalnya. “Jika di setiap desa di Indonesia ada seperti Planet Nufo, maka Indonesia benar-benar akan menjadi negara yang sejahtera”, ujar Dr Sofyan.

Baca Juga: Kementan Dorong Petani Terapkan Pola Integrated Farming 
Untuk Ketahanan Pangan

Dalam kunjungan tersebut juga sekaligus untuk mengesahkan kerjasama antara LPPM IPB University dengan Sekolah Alam Planet Nufo. Dr Sofyan mengatakan bahwa kerjasama yang dapat dilaksanakan Planet Nufo dan LPPM adalah mahasiswa IPB University bisa melakukan kerja praktek di bidang pertanian.

“Unutk mewujudkan program keterpaduan antara sistem pendidikan dengan pertanian dan ilmu hewan, dengan mendatangkan beberapa mahasiswa IPB University ke Planet Nufo. Setiap semester mereka akan berangkat ke Planet Nufo untuk melaksanakan mata kuliah lapangan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN)”, jelasnya.

Baca Juga: Teknologi Ultra Fine Buble IPB University Kembalikan Kejayaan Bawang Putih

Dr Sofyan menjelaskan bahwa ada nilai tambah yang bisa didapatkan para siswa dari kegiatan ini. Selain mengamalkan ilmunya, mereka juga bisa mendalami agama di Planet Nufo. Dr Mohammad Nasih seaku Pengurus Sekolah Alam Planet Nufo mengatakan bahwa Planet Nufo akan menyediakan lahan dan infrastruktur untuk mewujudkan program integrasi sistem pendidikan dengan pertanian dan ilmu hewan.

“Kami akan memberikan sarana lahan dan infrastruktur bagi mahasiswa IPB University yang ingin melaksanakan perkuliahan lapangan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN)). Tak lain untuk mewujudkan visi publisitas dan kebangsaan”, ujarnya. Kolaborasi antara LPPM IPB University dan Planet Nufo dalam ketahanan pangan ini diharapkan bisa menjadi sarana baik bagi mahasiswa IPB University maupun siswa di Sekolah Alam Planet Nufo untuk sama-sama belajar tentang pentingnya ketahanan pangan. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here