Home Kampus Mahasiswa Faperta Untirta: Peluang Budidaya Hidroponik di Tengah Pandemi

Mahasiswa Faperta Untirta: Peluang Budidaya Hidroponik di Tengah Pandemi

Budidaya Hidroponik

Agrozine.id – Peluang budidaya hidroponik. Kondisi pandemi tidak menghambat kreativitas mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa satu ini. Muflih Nurhakim, dari jurusan Agroteknologi menciptakan peluang wirausaha melalui budidaya tanaman kangkung dan bayam dengan sistem hidroponik. Dalam prosesnya, Muflih menjalankan usahatani ini dengan kesungguhan sehingga kelak dapat menjadi mata pencahariannya setelah lulus kuliah.

“Harus fokus dan dipersiapkan dari sekarang, Insya Allah setelah lulus kuliah saya akan berwirausaha di bidang ini,” ujarnya. Ide awal Muflih memulai usaha bermula dari waktu luangnya selama pandemi. Selain itu, Muflih juga pernah magang di Rian Farm, sebuah perusahaan budidaya sayuran di Kota Serang. Muncul pemikiran untuk memanfaatkan pekarangan belakang rumahnya yang dulu dimanfaatkan beternak ayam.

Pada awal Maret hingga April, Muflih mulai menanam tanaman hias seperti lidah buaya dengan sistem konvensional. Namun, pada bulan Mei, anggota dan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Tanaman ini mulai membudidayakan sayuran dengan sistem hidroponik dengan modal di bawah satu juta rupiah. Komoditas kangkung dan bayam menjadi pilihannya karena tidak memakan waktu lama untuk dipanen dam pilihan tersebut diharapkan menjadi peluang budidaya hidroponik di tengah pandemi.

“Saat ini baru kangkung dan bayam saja yang saya tanam karena dalam waktu 2-3 minggu saja sudah bisa dirasakan hasilnya,” ujar Muflih.

Ia telah merasakan hasil panen sayuran yang ditanamnya sendiri dengan sistem hidroponik. Usahanya ini menciptakan peluang budidaya hidroponik yang dilakukan akhirnya membuahkan hasil, dan sangat bermanfaat paling tidak untuk keluarga sendiri atau lingkurang sekitar di sekitar tetangga rumah. Muflih bertekad akan mengembangkannya dalam skala besar dan bervariatif sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus kuliah. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here