Home Kampus Mahasiswa IPB University KKN-T di Bengkayang,Kembali ke Daerah Asal

Mahasiswa IPB University KKN-T di Bengkayang,Kembali ke Daerah Asal

Agrozine.id– Kegiatan perkuliahan di tengah pandemi Covid-19 berjalan dengan online dan tidak lagi bertatap muka seperti biasa. Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang kali ini terasa berbeda dari biasanya. Jika pada tahun ajaran sebelumnya,KKN-T dilakukan di beberapa desa yang sudah ditentukan oleh pihak kampus,kali ini mahasiswa melakukan KKN-T di daerah asalnya masing-masing hampir di seluruh Indonesia. Begitu pula mahasiswa IPB University asal Bengkayang,Kalimantan Barat ini melakukan KKN-T di daerah asal mereka.

Sebanyak 14 orang mahasiswa angkatan 54 (angkatan 2017) yang melakukan KKN-T di desa Sinar Tebudak Kecamatan Tujuh Belas dan desa Lembang Kecamatan Sanggau Ledo diterima oleh pemerintah Kabupaten Bengkayang pada Jumat (9/7/2020).

Dr. Siti Sa’adiah selaku dosen pembimbing kegiatan berharap pelaksanaan KKN-T ini,mahasiswa dapat memperoleh masukan-masukan yang bermanfaat untuk mengetahui kondisi dan kendala yang sedang dihadapi oleh masyarakat daerah tersebut,sehingga boleh memberikan pemecahan masalah atau solusi atas persoalan yang dihadapi. “Diharapkan kedepannya mahasiswa para mahasiswa ini dapat mengabdi kembali ke daerahnya untuk membangun daerah masing-masing setelah menyelesaikan studinya di IPB University”,ujarnya pada acara serah terima KKN-T Bengkayang pada Jumat (9/7/2020).

Obaja SE,MSi selaku Pelaksana Harian (Plh) Pemda Bengkayang pada saat itu mewakili Bupati Bengkayang menyampaikan bahwa pihaknya sangat menerima baik mahasiswa KKN-T didesa mereka  dan berharap para mahasiswa tersebut mampu memberikan sumbangsih terhadap sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Bengkayang,sekaligus dapat bekerja sama dengan IPB University untuk menggali dan memaksimalkan potensi yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Mahasiwa yang melakukan KKN-T di Kabupaten Bengkayang tersebut berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Program kerja yang mereka rancangkan di Kecamatan Sanggau Ledo terdiri dari edukasi Covid-19,pemberian bantuan,sosialisasi demo pembuatan dan pembagian jamu herbal,pemberian obat cacing,pemeriksaan hewan kurban,pengecekan status kesehatan hewan ternak dan pembuatan pupuk dari kotoran ternak.

Program kerja di Kecamatan Tujuh Belas terdiri dari edukasi mengenai pertanian 4.0,pembuatan akun aplikasi penjualan online produk pertanian di Desa Sinar Tebudak,pemberian obat cacing dan vitamin pada ternak secara gratis,edukasi penyakit dan obat hewan ternak dan sanitasi kandang yang baik,penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam menyikapi kondisi new normal pandemi Covid-19 dan pemeriksaan hewan kurban dalam rangka menyambut kegiatan Hari Raya Idul Adha dan Protein Day.

Semua program kerja KKN-T yang dirancangkan pada dasarnya berfokus pada “Penanggulangan Masa Covid-19 dan Pasca Covid-19″.

Kegiatan KKN-T yang akan dilaksanakan sampai Agustus 2020 ini diharapkan dapat membantu Kabupaten Bengkayang dalam sektor pertanian dan peternakan melalui program kerja yang dijalankan para mahasiswa. KKN-T yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang ini adalah salah satu bagian dari KKN-T IPB University yang dilaksanakan hampir di seluruh Indonesia.

Dr,drh Andriyanto dan Dr Siti Sa’adiah selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL),mengungkapkan bahwa kegiatan KKN-T ini adalah wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,yang meliputi Pendidikan,Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan oleh IPB University.

Tahun ini Tema kegiatan KKN-T disesuaikan dengan kondisi lapangan yaitu berkaitan dengan pandemi Covid-19. Tema kegiatan KKN-T IPB University tahun ini adalah ” Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada Masa Pandemi Covid-19″. Pelaksanaan KKN-T di Kabupaten Bengkayang ini sangat diharapkan dapat memberi warna baru pada pertanian dan peternakan masyarakat desa. (ira)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here