Home Kampus Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikut Dukung Program Kementan

Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikut Dukung Program Kementan

Polbangtan Gowa

Agrozine.id – Sebagai salah satu satuan pendidikan di bawah Kementerian Pertanian, Polbangtan Gowa mendukung berbagai program strategis Kementan. Salah satunya yaitu melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Program YESS merupakan proyek pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui fasilitasi dan bimbingan kepada generasi muda. Proyek tersebut didanai oleh International Fund For Agricultural Development (IFAD) bertujuan menghasilkan wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Baca juga: Kementan Launching Smart Green House di Polbangtan Bogor

Dalam mendukung program tersebut, Polbangtan Gowa melalui kelompok yang terbentuk terus berupaya mengembangkan Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) bagi mahasiswa Polbangtan.

Mahasiswa yang telah mendapatkan bantuan program tersebut termasuk kelompok PWMP Agricultural Fighters (AGRIFIG) yang beranggotakan 4 orang, di antaranya Ahmad Novel, Andi Dwi, Andi Nurul, dan Andi Fauzan di bawah bimbingan dosen bernama Mufidah.

Kelompok mahasiswa Polbangtan Gowa ini menjalankan usaha pengolahan hasil gabah menjadi beras dan dedak. Cabang lokasi ini ada di Polbangtan Gowa dan tersedia di berbagai daerah, yaitu Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bone, dan Kabupaten Soppeng.

Mufidah selaku pembimbing kelompok AGRIFIG mengatakan bahwa apa yang mahasiswanya lakukan merupakan hal dalam mendukung program Kementan. Tujuannya adalah menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha bagi peserta di bidang pertanian yang diwujudkan dalam bentuk bisnis, mendorong penumbuhan dan pengembangan kapasitas lembaga dan penyelenggara pendidikan pertanian sebagai center of agrisociopreneur development berbasis inovasi agribisnis.

Mahasiswa yang mendapatkan bantuan dari program PWMP diharuskan membuat proposal terlebih dahulu, lalu setelah mendapat persetujuan pembimbing maka dana akan dicairkan dan selanjutnya penyiapan alat dan bahan, pengemasan, pemasaran, dan terakhir ialah pelaporan.

Baca juga: Pengembangan Tanaman Obat di Kampus Polbangtan Gowa

Sementara itu, Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin berpesan dan mengharapkan agar pelaksanaan PWMP bisa mengalami peningkatan dari tahun-tahun selanjutnya.

“Program PWMP adalah sebuah kesempatan besar bagi para generasi muda pertanian khususnya bagi mahasiswa Polbangtan Gowa untuk bisa terjun langsung ke dalam dunia usaha dan juga dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi mereka,” ujarnya. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here