Home Kampus Mahasiswa UB Kembangkan Biskuit dari Ulat Hongkong

Mahasiswa UB Kembangkan Biskuit dari Ulat Hongkong

Biskuit dari ulat Hongkong

Agrozine.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menyabet mendali perak dengan karyanya Biskuit dari ulat Hongkong pada perhelatan internasional Asean Innovative Science Environmental and Enterprenuer Fair (AISEEF) 2021.

Biscuit dari ulat Hongkong dibuat oleh mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) unutk menyikapi data dari World Healtg Organization (WHO) yang mengatakan bahwa Indonesia menempati posisi ke-5  dengan prevalensi stunting sebesar 36% (7.547 anak stunting) pada tahun 2019.

Baca juga:  Mahasiswa UB Ciptakan ALERTA, Mesin Pengering Limbah Kulit Apel

Penciptaan produk ini dibimbing oleh Dr. Dedes Amertaningtyas, dengan tim yang beranggotakan Retno Nur Fadilla, Sularso, Yasri Rahmawati, Hendarto, dan Zuhdan Alaik. Biscuit dari ulat Hong Kong ini bisa digunakan  sebagai treatment sunting pada anak.

Larva ulat hongkong memiliki kandungan protein sebesar 47,44% , 21,84% kadungan lemak, serta 17,53% asam amino berupa taurin. Taurin adalah salah satu jenis asam amino yang terkandung dalam ASI yang memiliki fungsi sebagai neourotransmitter dan memiliki peran penting dalam proses pematangan sel otak. Kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan di masa tumbuh kembang anak.

Budidaya ulat hongkong biasanya digunakan hanya untuk pakan unggas karena kandungan nutrisinya yang tinggi, tetapi ulat hongkong ini termasuk ordo coleopteran yang merupakan tingkatan ordo yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia.

Proses pembuatan Biskuit dari ulat Hongkong ini, pertama ulat hongkong harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian dikeringkan menggunakan oven. Setelah kering, ulat dihaluskan menggunakan blender dan disaring airnya, lalu campurkan kedalam adonan dari tepung terigu, gula, dan telur.

Penemuan yang telah mereka lakukan ternyata membuahkan hasil dengan berhasil meraih medali perak dalam ajang Asean Innovative Science Environmental and Enterprenuer Fair (AISEEF) 2021. AISEEF merupakan kompetisi internasional tahunan antar universitas se- Asia dalam bidang science, lingkungan dan entrepreneurship.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan ADALIA: Kosmetik Berbahan Dasar Sisik Ikan

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan Food Technology Departmen – Institut Pertanian Bogor (IPB), Nutrition Department UNDIP, Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), Yayasan Prestasi Pendidik Indonesia, Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Malang Raya, dan AISEEF Organizing Committee.  (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here