Home Populer Mahasiswa UC Berkeley Ajak Selamatkan Lingkungan dengan Menanam Tanaman Hias

Mahasiswa UC Berkeley Ajak Selamatkan Lingkungan dengan Menanam Tanaman Hias

menanam tanaman hias

Agrozine.id – Menanam tanaman hias tengah jadi tren saat ini, terlebih di saat pandemi Covid-19. Gabrielle Santoso, seorang mahasiswi semester V jurusan Agriculture University of California (UC) Berkeley ini mengajak selamatkan lingkungan dengan menanam tanaman hias.

“Menurut saya ini merupakan langkah yang bagus. Karena, saat ini kan terjadi global warming dan cuaca yang gak bagus. Hal ini adalah salah satu dampak dari perbuatan manusia. Dengan kita mengajak sebanyak orang untuk bertanam, gak harus menanam pohon yang besar, tapi bisa dimulai dari hal kecil maka akan semakin banyak orang yang lebih mencintai dan menghargai alam,” ujar perempuan asal Surabaya ini.

Melihat hal tersebut, perempuan berusia 21 tahun kini mencoba melakukan langkah kecil dengan membuka usaha tanaman hias yang kemudian ia beri nama BooBoo Plant. Selain itu, dengan menerapkan ilmu yang ia dapatkan di bangku kuliah, ia mencoba meracik pupuk kompos buatannya sendiri yang ia beri nama Black Gold.

Gabrielle sendiri mengaku, menanam tanaman hias merupakan hobinya sejak dulu. Ditambah dengan kondisi pandemic Covid-19 seperti ini, membuatnya mencoba peluang yang cukup menjanjikan yaitu bisnis tanaman hias.

Dalam merawat tanaman hiasnya, Gabrielle mengaku pada awalnya menggunakan pupuk kimia. Namun, ia menyadari akan bahaya penggunaan pupuk kimia. Menurutnya, pupuk kimia memberikan efek negatif untuk lingkungan maupun untuk tanaman itu sendiri. Maka dari itulah ia meracik sendiri pupuk organik jenis slow release yang berasal dari kompos 100 persen.

“Jadi tanaman yang baru dikaish pupuk tersebut tidak langsung memancarkan nutrisi, tapi harus disiram dulu agar pupuk dapat mengendap di media tanam. Efeknya akan keluar secara perlahan,” jelasnya.

Pupuk organik bernama Black Gold mengandung Nitrogen, Fosfor, dan Kalium dimana ketiga unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias. Keunggulan pupuk Black Gold buatannya ini adalah lebih mudah menyatu dengan media tanamnya, sehingga dapat diserap oleh tanaman hias secara maksimal.

Baca juga: Cara Memperbanyak Monstera, Seperti Ini yang Harus Dilakukan

Tak lupa, ia juga membagikan bagaimana cara merawat tanaman hias. Menurut Gabrielle, merawat tanaman hias sebenarnya hal yang mudah, bahkan untuk seorang pemula. Asalkan, kita berikan nutrisi yang baik dan cukup untuk tanaman hias agar tumbuh dengan subur. (ran)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here