Home Kampus Mahasiswa UNDIP Ciptakan Alat Destilasi Air Laut Dengan Tongkol Jagung

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Alat Destilasi Air Laut Dengan Tongkol Jagung

alat destilasi air laut

Agrozine.id – Tim Dipo Adinata dari Sekolah Vokasi Undip berhasil menciptakan alat destilasi air laut dengan tongkol jagung. Berkat inovasi tersebut, mereka berhasil meraih juara I Tingkat Nasional dan menjadi karya karya terbaik dalam ajang Lomba Desain Ecovillage 2020 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Tim Dipo Adinata beranggotakan Rizky Amelia Saptri Lay dan Rifqy Anggoro Senoputro dari D3 Teknik Sipil (2018), serta Tiara Retno Dewanti dari D4 Teknik Sipil dan Arsitektur (2019) yang didampingi dosen pembimbing yakni Riza Susanti ST MT.

Baca juga: Mahasiswa Doktor FPIK UNDIP Lakukan Riset Sustainable Aquaculture

Alat destilasi air laut dengan tongkol jagung karya mahasiswa dari Program Studi Sarjana Terapan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Sekolah Vokasi Undip ini diberi judul “Desagel: Destilasi Air Laut Dengan Memanfaatkan Limbah Tongkol Jagung Sebagai Hydrogel dengan Proses yang Cepat, Ekonomis, dan Ramah Lingkungan”.

Teknologi Desagel adalah konsep destilasi yang dirancang dalam bentuk limas, dimana terdapat satu panel surya pada bagian sisi kanan kirinya sebagai alat penyalur energi matahari yang kemudian ditampung pada aki. Ada beberapa alat yang digunakan, mulai kompor listrik, lampu, kipas dan lainnya.

Kompor listrik tersebut berfungsi sebagai pemanas. Sedangkan, lampu, kipas dan hydrogel yang terbuat dari limbah tongkol jagung ini berfungsi untuk mempercepat penguapan.

Teknologi Desagel diciptakan karena keprihatinan anggota tim dimana banyak wilayah di Indonesia yang memiliki kualitas sumber air permukaan atau air tanah yang tidak memenuhi syarat sebagai air minum. Selain itu, karena kadar air tawar semakin menurun karena pembangunan khususnya di daerah pesisir pantai Tambak Lorok, Semarang.

Dengan adanya teknologi Desagel ini, diharapkan masyarakat pesisir pantai dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

Baca juga: Dosen FPIK Undip Teliti Teknologi Asap Cair Pada Pengolahan Ikan

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur Sekolah Vokasi Undip, Asri Nurdiana ST MT, mengaku bersyukur atas prestasi yang didapatkan oleh tim Dipo Aidnata. Ia mengatakan, pihak universitas selalu mendukung antusiasme mahasiswa vokasi untuk ikut lomba baik itu tingkat nasional maupun internasional sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Ajang lomba Desain Ecovillage merupakan rangkaian dari ICEF 2020 yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor secara nasional, yang tahun ini mengambil tema Teknologi Murah Penyediaan Air Bersih pada Masyarakat Pesisir Pantai. Konsep Ecovillage disyaratkan berupa teknologi penyediaan air bersih ini yang murah, namun memenuhi aspek-aspek lain seperti ekologi, sosial, budaya, dan ekonomi. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here