Home Kampus Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara di Kompetisi Internasional Berkat POTY

Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara di Kompetisi Internasional Berkat POTY

Mahasiswa Universitas Brawijaya Juara di Kompetisi Internasional Berkat POTY

Agrozine.id – Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih Medali Emas dalam kompetisi internasional yakni Asean Innovative Science Environmental, and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 melalui inovasinya yang bernama POTY.

Sekelompok mahasiswa Univerista Brawijaya tersebut yakni terdiri dari Moch. Rofiul Qorni (FTP), Isbakhul Lailatil Fibriyah (FTP), Ivan Hidayat Eko Saputro (FTP) , Aini Salsabila (FEB) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim UB ini berhasil mengalahkan 85 tim lainnya dari India, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, dan Indonesia itu sendiri.

Apa itu POTY? Merupakan sistem budidaya sayuran hidroponik berbasis IoT (Internet of Thing) yang menghasilkan produk sayuran organik berkualitas dengan biaya yang relative lebih efisien.

“POTY mampu  meningkatkan hasil produksi sayuran hidroponik berkualitas tinggi tetapi dengan biaya relatif lebih efisien,” papar Ketua Tim Moch. Rofiul Qorni, dikutip dari PrasetyaOnline UB (02/03).

Baca juga: Smart Watering, Perangkat Hidroponik Pintar Inovasi Dosen dan Mahasiswa FTIP Unpad

Mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut menjelaskan lebih lanjut bahwa POTY memiliki beberapa keunggulan. Melalui sistem budidaya sayuran hidroponik berbasis IoT tersebut, POTY dapat mengontrol kandungan nutrisi, penambahan sinar UV dan sistem aerasi melalui smartphone yang dapat digunakan pada greenhouse berbagai ukuran.

Teknologi POTY ini juga sudah diuji cobakan di beberapa wilayah di sekitar Malang, seperti di Kecamatan Tumpang dan Kepanjen. Salah satu pengguna POTY di Kepanjen, Zaenab mengatakan jika teknologi POTY ini sangat membantunya dalam bidang usaha hidroponik.

“Lahan dan pengetahun saya terbatas lho, tetapi berkat POTY hasil sayuran yang kami hasilkan bagus bagus dengan biaya rendah,” katanya.

Baca juga: Inovasi Perangkat Pertanian Hidroponik Smart Watering FTIP Unpad

Sementara itu, AISEEF merupakan kompetisi nasional dan internasional tahunan antar universitas se-Asia dibidang science, lingkungan dan entrepreneurship. Terdapat 4 kategori yang dilombakan, yakni Enterprenuer, Social Science, Environmental Science, serta Innovation Science.

Kompetisi AISEF tersebut diselenggarakan Indonesian Young Scientist Association, bekerjasama dengan Food Technology Departmen – Institut Pertanian Bogor (IPB), Nutrition Department – Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas   Dian   Nuswantoro (UDINUS), Indonesia   International Institute for Life Sciences (i3L), Yayasan  Prestasi  Pendidik  Indonesia,  Himpunan  Penggiat Adiwiyata Indonesia Malang Raya dan  AISEEF Organizing Committee. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here