Home Kampus Mahasiswa Universitas Jember Ciptakan Inovasi Edutech, Juarai Lomba Pemuda Pelopr 2020

Mahasiswa Universitas Jember Ciptakan Inovasi Edutech, Juarai Lomba Pemuda Pelopr 2020

Agrozine.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Banyuwangi, Jawa Timur mengadakan lomba untuk menjaring pemuda pemudi usia 16-30 tahun di seluruh Banyuwangi  untuk berbagai bidang kepeloporan. Salah satu bidang kepeloporan yang diseleksi adalah pendidikan. Adalah Slamet Fauzi, seorang mahasiswa Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Jember yang ikut dalam lomba tersebut dan berhasil meraih juara 2 melalui inovasi edutech yang diciptakannya.

Seleksi pemuda pelopor di Banyuwangi tersebut dimulai sejak September-6 Oktober 2020 melalui berbagai tahapan seleksi. Adapun seleksi tersebut terdiri dari seleksi kelayakan berkas, wawancara, dan visiting area kegiatan kepeloporan kepada para peserta terpilih.

Baca Juga : Riset Tanaman Beracun, Tim PKM Unhas Raih Medali

Slamet Fauzi sudah memulai inovasinya tersebut sekitar 1 tahun. Adapun inovasi edutech bergerak di bidang jasa pendidikan. Jasa pendidikan yang dimaksud dari edutech bernama Neon Education yang sudah terintegrasi melalui aplikasi. Jasa yang ditawarkan meliputi dua kegiatan pembelajaran yaitu privat dan non privat. Di dalam aplikasinya tersebut sudah tersedia menu berbagai kegiatan mulai dari open recruitment tutor, biaya, jadwal mengajar sampai materi dari berbagai ebook dan video pembelajaran.

Slamet membuat aplikasi tersebut bersama seorang temannya sesama mahasiswa Universitas Jember bernama Moh. Affan Afifudin ketika sedang mengikuti perlombaan nasional di Madura. Dijelaskan Slamet, ide awal munculnya inovasi tersebut adalah melihat banyaknya permintaan jasa layanan pendidikan yang fleksibel tapi masih belum terpenuhi karena terbatasnya platform untuk hal tersebut. “Oleh karena itu kami berdiskusi untuk menjawab tantangan tersebut, dan terbentuklah Neon Education atau neonlesprivat yang sekarang sudah mulai ada cabang di Bandung, Kediri, Jogja dan Purwokerto”, ujar Slamet.

Selain itu juga Neon Education bahkan sempat tercatat sebagai top 5% dari lebih 180.000 pendaftar dan mendapat undangan presentasi di Startup Istanbul Turkey”, imbuhnya.

Baca Juga : Mengenal SIMPAS: Sistem Aplikasi Resep Multiproduk Pertanian

Dengan konsistensi dan semangat untuk mengembangkan inovasinya, pada tanggal 10 Desember 2020, Slamet Fauzi mahasiswa Universitas Jember tersebut berhasil meraih juara 2 lompa pemuda pelopor yang bertempat di Ballroom Aston Hotel and Conference Center. Hal tersebut menjadi modal penting bagi Banyuwangi untuk mewakili kotanya di perlombaan tingkat provinsi hingga nasional di tahun mendatang. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here