Home Perikanan Mengenal Ikan Sembilang yang Beracun Tapi Banyak Manfaatnya

Mengenal Ikan Sembilang yang Beracun Tapi Banyak Manfaatnya

manfaat ikan sembilang yang beracun

Agrozine.id – Apakah kamu tahu bahwa ada ikan yang menyerupai ikan lele? Ya, namanya adalah ikan Sembilang atau eel tailed catfish. Mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang, tapi perlu dikatehui bahwa ikan yang masuk dalam kelompok ikan berkumis (siluri formes) ini merupakan jenis ikan yang beracun. Lalu, apakah ada manfaat ikan Sembilang yang beracun ini?

Ikan sembilang merupakan predator ikan-ikan kecil, selain itu ikan ini juga memakan hewan-hewan yang hidup di dasar laut seperti gastropoda, moluska dan krustasea.

Habitat ikan ini di laut atau di muara sungai. Terdapat dua jenis ikan sembilang, yaitu Sembilang Batu yang hidup di celah batu, kemudian Sembilang Lubang yang hidup di lubang-lubang buatannya sendiri.

Ciri Khusus Ikan Sembilang

Ikan sembilang memiliki ciri khusus pada tubuhnya, yaitu pada bagian siripnya. Sirip punggung kedua, sirip anus, dan sirip ekor ikan sembilang menyatu sehingga menyerupai ekor ikan Sidat yang bentuk badannya panjang tanpa sisik.

Selain itu, ikan sembilang juga memiliki patil seperti halnya dengan ikan lele. Jumlah patil yang ada pada tubuh ikan sembilang sebanyak tiga buah, yaitu di punggung dan dua di bagian sirip, tak hanya itu, ikan ini juga memiliki sungut yang digunakan sebagai alat peraba untuk merasakan kehadiran mangsanya, terutama pada waktu malam dan di air yang keruh.

Patil inilah yang mengandung racun yang cukup kuat efeknya. Efek racun pada patil ikan sembilang bisa membuat korban merasakan nyeri yang luar biasa, jantung berdebar, dan badan terasa panas dingin.

baca juga : Ikan Beracun yang Ahli Menyamar

Meski beracun, ikan Sembilang ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dilansir dari laman instagram resmi Kementerian Kelautran dan Perikanan RI (@kkpgoid), kandungannya gizinya antara lain protein, fosfor dan asam lemak omega 3 yang tinggi serta karbohidrat dan lemak yang rendah.

ikan sembilang

Manfaat Ikan Sembilang Yang Beracun

Dibalik racun yang dimiliki oleh ikan ini ada hal baik yang juga kita bisa manfaatkan, berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari ikan Sembilang untuk tubuh;

  1. Mengurangi kolesterol tinggi
  2. Baik untuk pembentukan sel otak
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Bagus untuk pertumbuhan anak
  5. Mengurangi rasa nyeri saat haid
  6. Mempu mempercepat proses kehamilan
  7. Baik untuk kesehatan jantung
  8. Mencegah penggumpalan darah
  9. Mengurangi penyumbatan pembuluh darah atau Arterosklerosis
  10. Mengontrol lemak dalam tubuh

baca juga : Fakta Menarik dan Karakteristik Triggerfish, Ikan Bergigi Seperti Manusia

Itulah beberapa manfaat ikan Sembilang yang beracun, meskipun memiliki racun pada bagian patilnya tetapi ada manfaat yangbisa kita dapatkan dan tak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah mengkonsumsinya. Tertarik untuk mengkonsumsi? Hati-hati dengan patilnya ya! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here