Home Pertanian Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android #2

Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android #2

Agrozine.id – Sobat Agro, pada artikel “Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android #1” telah dikenalkan 2 marketplace, yaitu Agromaret dan TaniHub. Selanjutnya, ada 2 lagi marketplace pertanian yang bisa diandalkan petani untuk memasarkan hasil panennya. Langsung saja disimak ya…

Pak Tani Digital

Marketplace pertanian ini dapat diakses di alamat Paktanidigital.com dan aplikasinya dapat diunduh di Play Store. Pak Tani Digital adalah sebuah “Startup Sosial Petani” yang bervisi memberdayakan petani milenial Indonesia agar menjadi pelaku utama dalam Industri Pertanian berbasis Society 5.0 di masa mendatang.

Berikut ini fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Pak Tani Digital:

Cek Harga : Disajikan untuk menginformasikan harga jual beli komoditas pertanian yang bermanfaat bagi petani, pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat umum. Data cek harga menyangkut berbagai komoditas.
Transporter : Disajikan untuk mempertemukan para petani, masyarakat umum, segala pelaku usaha, koperasi, dengan pemilik armada angkutan/ekspedisi menyangkut pengiriman barang/komoditas, baik menuju perkotaan maupun menuju pedesaan.
Pasar Online : Disajikan untuk menjembatani proses jual beli antara petani, koperasi, pedagang perantara, dan sebagainya dengan konsumen seperti toko/supermarket, restoran, hotel, rumah sakit, catering, asrama, pedagang pengecer, dan sebagainya. Ke depannya dikembangkan untuk melayani masyarakat umum.
Lelang Komoditi : Mempertemukan petani, koperasi dengan agen/pengumpul untuk transaksi komoditas dalam jumlah sedang ke besar.
Petani Berbagi : Pengembangan komunitas petani berbagi sebagai media komunikasi dan informasi. Media berbagi pengalaman, belanja bareng, dan sebagainya.
Kolaborasi : Ditujukan untuk menjembatani kerjasama antar pemangku kepentingan (stake holder) terkait seperti petani-pedagang-supplier-pemerintah-koperasi-perguruan tinggi, pemodal, dan sebagainya.
Vendor/Supplier : Disajikan untuk mempertemukan petani dengan vendor/supplier alat, bahan-bahan, dan mesin yang berhubungan dengan dunia pertanian.
Mapping Harga & Mapping Komoditi : Disajikan untuk melihat harga dan peta menurut peta wilayah serta harga bandingan rerata pada periode tertentu.

Tani Link

Marketplace ini dapat diakses di alamat tanilink.com dan aplikasinya dapat diunduh di Play Store. TaniLink adalah aplikasi pertanian modern untuk menjawab kebutuhan informasi pertanian bagi petani dan masyarakat luas. Misi Tani Link adalah sebagai Pusat Pengetahuan dan Berbagi Pengetahuan segala hal terkait dengan pertanian.


Berikut ini fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Tani Link.
Berita & Artikel : Memberikan informasi terbaru terkait harga komoditas nasional, kebijakan, pasar, informasi cuaca, dan Informasi lain berkenaan dengan perkembangan komoditas pertanian pokok.
Forum Tanya Jawab : Memperoleh jawaban dan solusi atas semua permasalahan pertanian yang mereka miliki dan mereka temui. Fitur ini menjadi ruang bagi ahli maupun praktisi yang memiliki informasi dan pengetahuan, serta bersedia membagikannya. Tujuannya untuk membangun knowledge center.
Pasar Tani : Marketplace untuk produk-produk pertanian. Dengan fitur ini pengguna dapat memasarkan produk pertaniannya.
GAP (Good Agricultural Practices) & GHP (Good Handling Practices) : Demi mendorong terwujudnya peningkatan produktivitas dan kualitas produk melalui penerapan pertanian modern, Tani Link juga memfasilitasi pengguna untuk mendapatkan panduan penerapan pertanian sesuai dengan standar GAP & GHP. Skor akan ditampilkan di akhir serangkaian pertanyaan yang harus dijawab untuk membantu pengguna melakukan perbaikan.
Simulasi Sertifikasi Organik & ISO 22000 : Fitur ini mengajak pengguna mengetahui sejauh mana Petani/Pengguna siap menuju sertifikasi produk yang berkelanjutan (Sustainable Certification Product).
Manajemen Keuangan : Membantu petani/pengguna untuk mendokumentasikan, menyimpan, dan melihat semua catatan, baik pengeluaran maupun pemasukan
Analisa Usaha Pertanian : Membantu pengguna untuk mengetahui biaya-biaya yang ada di dalam usaha pertanian sehingga dapat mengukur tingkat keuntungan, pengembalian investasi, maupun titik impas suatu usaha pertanian.
Info Tani : Informasi kegiatan-kegiatan petani di berbagai daerah.
Papan Pengumuman (Message Board) : Pengguna dapat mengirimkan pengumuman terkait dengan informasi pertanian.

Demikian Marketplace khusus pertanian yang bisa dimanfaatkan petani untuk mendistribusikan atau memasarkan produknya. Semoga kalian para petani milenial menjadi lebih mudah untuk memasarkan produk-produk pertanian kalian. Selamat berusaha dan semoga sukses!

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here