Home Peternakan Membuat Pakan Udang Kaya Nutrisi, Perhatikan Komponennya

Membuat Pakan Udang Kaya Nutrisi, Perhatikan Komponennya

Membuat Pakan Udang Kaya Nutrisi

Agrozine.id – Kandungan nutrisi dan pemberian pakan memegang peranan penting untuk kelangsungan usaha budidaya hewan akuatik, termasuk udang Vaname. Pakan memegang biaya produksi paling tinggi dari suatu usaha budidaya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan komposisi nutrisi dan perbaikan efisiensi penggunaan guna meningkatkan produksi hasil budidaya dan mengurangi biaya pengadaan pakan. Dalam meningkatkan produksi pada usaha budidaya udang Vaname, untuk memenuhi syarat gizi diperlukan pakan buatan.  Membuat pakan udang harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Nutrisi merupakan salah satu aspek yang sangat penting, jika makanan yang diberikan pada udang mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi, maka akan memberikan kehidupan pada udang dan juga akan mempercepat pertumbuhan. Jadi, udang juga memerlukan nutrien tertentu dalam jumlah tertentu pula untuk pertumbuhan, pemeliharaan tubuh dan pertahanan diri terhadap penyakit. Nutrien ini meliputi protein, lipid, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Kandungan Nutrisi Wajib Ada Saat Membuat Pakan Udang

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Kelautan dan Perikanan (@kkpgoid), berikut ini adalah kandungan nutrisi yang harus ada pada pakan udang:

  • Protein

Dalam membuat pakan udang kaya nutrisi, protein merupakan komponen terbesar yaitu berkisar 30% – 50% dari total nutrisi dalam pakan. Protein ini digunakan untuk pertumbuhan dan sebagai sumber energi.

  • Lipid

Komponen terbesar kedua setelah protein adalah lipid. Lipid ini berfungsi sebagai sumber energi, membantu penyerapan kalsium dan vitamin dari pakan yang diberikan pada udang.

  • Karbohidrat

Ketika membuat pakan udang kaya nutrisi maka harus diperhatikan kandungan karbohidratnya. Meski bukan sumber utama untuk energi melainkan sebagai simpanan makanan dan berfungsi dalam pembentukan zat kitin atau zat pembentuk karapas/ kulit udang. Karbohidrat dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit yakni <20%.

  • Mineral

Mineral berfungsi untuk pembentukan jaringan, proses  metabolisme, pigmentasi atau pembentukan warna udang dan menjaga kondisi fisiologis udang.

  • Vitamin

Vitamin membantu dalam pigmentasi atau pembentukan warna udang (terutama Vitamin A), lalu mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan imunitas (terutama Vitamin C). Penambahan vitamin ataupun mineral dalam membuat pakan udang harus tepat, tidak boleh berlebih karena akan menurunkan laju pertumbuhan, mengganggu pembentukan warna udang, bahkan beracun bagi udang.

baca juga : Cara Membuat Pakan Ikan Gabus, Mudah dan Murah

Bagi pembudidaya yang ingin membuat pakan udang Vaname sendiri, sebaiknya memperhatikan komposisi nutrisi pada pakan. Biasanya pakan buatan pabrik sudah disesuaikan komposisinya dengan kebutuhan udang. Kebutuhan pakan udang ini didasarkan pada usia dan ukuran udang. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here