Home Perikanan Mengenal Ikan Gurami BIMA, Varietas Unggul Gurami Hibrida

Mengenal Ikan Gurami BIMA, Varietas Unggul Gurami Hibrida

Agrozine.id – Balai Riset Pemulihan Ikan (BRPI) telah merilis satu varietas unggulan ikan gurami yang diberi nama gurami BIMA. Varietas ini adalah hasil persilangan antara gurami betina Majalengka dan gurami jantan Jamb, dikembangkan di Banyumas yang merupakan salah satu sentra utama produksi ikan jenis ini di pulau Jawa.

Pada awal perilisannya di Banyumas, benih ikan gurami BIMA hasil riset kemudian diserahkan kepada Pokdakan Mina Usaha Desa Karangsalam Kidul, Purwokerta dan Banyumas. Kegiatan tersebut juga merupakan kelanjutan dari kolaborasi BRPI dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk mengembangkan hasil inovasi ikan gurami unggulan yang sudah berlangsung sejak Maret 2020.

Dengan hadirnya varietas unggulan ikan gurami ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pertumbuhan benih ikan gurami unggul di masyarakat dan diharapkan pula dapat mempersingkat waktu pembudidayan yang terkenal umumnya sangat lama sehingga akan berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan perekonomian masyarakat pembudidaya.

Keunggulan Ikan gurami BIMA

  1. Pertumbuhannya lebih cepat 17.18 persen
  2. Produktivitas ikan lebih tinggi sebesar 28 persen
  3. Nilai konversi pakan lebih rendah
  4. Ikan memiliki daya tahan terhadap penyakit dan toleransi terhadap lingkungan lebih tinggi
  5. Harga pokok produksi per kg ikan lebih rendah dibandingkan dengan pakan ikan lainnya

Manfaat Ikan Gurami

  1. Membantu pertumbuhan otak
  2. Membantu pertumbuhan rambut
  3. Mempercepat penyembuhan luka
  4. Dapat menurunkan kadar kolesterol
  5. Baik untuk kesehatan kulit

Baca Juga : Ikan King Kobia, Komoditas Unggulan Baru di Lampung

Keberhasilan balai riset menghasilkan varietas unggulan ikan gurami ini nilai tambah di masyarakat. Koordinator penelitian pemuliaa ikan gurami BRPI, Sularto menjelaskan bahwa kegiatan observasi dan kegiatan pendampingan terhadap masyarakat yang selanjutnya akan dilaksanakan secara dengan pendampingan langsung dari penyuluh perikanan sehingga perkembangannya dapat terpantau dengan baik di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga : Yuk Intip Cantiknya Ikan Hias Yellow Tang

Melalui riset ini BRPI terus berupaya untuk berkontribusi secara nyata dalam membantu penanganan dampak pandemi Covid-19. Dengan mengenal ikan gurami BIMA sebagai salah satu varietas ikan gurami yang unggul diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi ikan gurami dan meningkatkan ekonomi pembudidaya. (ira)

Tonton video menarik ini:

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here