Home Pertanian Mengenal 4 Teknik Olah Tanah Pertanian

Mengenal 4 Teknik Olah Tanah Pertanian

Agrozine.id – Tanah sebagai media tumbuh tanaman harus dikondisikan dalam kondisi yang paling baik. Karena tanah dalam kondisi yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula dan optimal. Oleh karena itu perlu diketahui teknik olah tanah yang baik. Kali ini kita akan membahas 4 teknik olah tanah pertanian yang baik agar hasil panen yang didapatkan juga optimal.

Olah tanah jika dibagi berdasarkan alat yang digunakan terdiri dari dua jenis yaitu olah tanah secara tradisional dan olah tanah secara modern dengan mekanisasi mesin pertanian. Olah tanah secara modern menggunakan mesin pertanian, luasan tanah tidak menjadi masalah. Dari segi waktu pengerjaan olah tanah secara modern jauh lebih efisien dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak.

Sedangkan dari teknik dalam pengolahan tanah dibagi menjadi 4 seperti berikut ini:

1.Teknik Olah Tanah Zero Tanpa Olahan Tanah

Pad teknik ini lahan tidak perlu dibajak atau diberi perlakuan macam-macam seperti pemupukan dan pengapuran. Prinsipnya hanya membersihkan lahan dari gulma dan bisa langsung ditanami. Teknik ini biasanya dilakukan pada lahan yang masih subur atau baru sekali ditanami.

2. Teknik Olah Tanah Minimun (Minimum Tillage)

Yang kedua adalah teknik olah tanah minimum. Dalam teknik ini sudah dilakukan pengolahan tanah namun hanya sekedarnya saja sesuai kebutuhan. Misalnya pada zona perakaran saja, dan penambahan pupuk dasar. Apabila tanah bersifat gembur, olah tanah minimum sangat mudah dilakukan. Biasanya olah tanah minimum ini dilakukan pada lahan yang berpasir, yang resiko erosinya tinggi.

3.Teknik Olah Tanah Optimum (Optimum Tillage)

Teknik olah tanah optimum ini dilakukan pada lahan yang memerlukan pengolahan. Teknik olah tanah optimum tidak jauh berbeda dengan teknik olah tanah minimum. Bedanya hanya di teknik olah tanah optimum hampir semua bagian tanah diolah. Contoh penerapan olah tanah optimum adalah pada lahan bekas padi yang akan ditanami jenis tanaman lain.

4.Teknik Olah Tanah Maksimum (Maksimum Tillage)

Sesuai dengan namanya teknik olah tanah maksimum dilakukan secara maksimal atau menyeluruh. Teknik olah tanah ini juga teknik olah tanah intensif atau olah tanah sempurna. Proses olah tanah maksimum dilakukan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir lahan siap ditanami, sehingg disebut proses olah tanah sempurna.

Proses olah tanah maksimum dimulai dari pembajakan, penjemuran, penggauran, pemberian pupuk dasar dan pembuatan bedengan hingga lahan siap ditanami.

Itulah teknik olah tanah pertanian yang perlu diketahui oleh para petani dalam budidaya pertanian agar menghasilkan hasil panen yang optimal. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here