Home Biodiversitas Mengenal 6 Situs Ramsar Indonesia, Wajib Tahu!

Mengenal 6 Situs Ramsar Indonesia, Wajib Tahu!

6 situs Ramsar Indonesia

Agrozine.id – Tahukah kamu di Indonesia terdapat situs lahan basah (ramsar) dengan total luas sebesar 1,42 juta hektare. Lalu, ada dimana saja kah situs Ramsar Indonesia? Simak ulasan mengenai 6 situs Ramsar Indonesia berikut ini ya.

Situs Ramsar merupakan kawasan-kawasan yang ditetapkan untuk melindungi kelestarian dan fungsi lahan basah di dunia. Penetapan Ramsar Site ini merupakan bentuk dari Konvensi Ramsar yaitu perjanjian internasional untuk konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan, pada tanggal 2 Februari 1971, di Kota Ramsar, Iran.

Baca juga: Revitalisasi Tujuan Pembangunan, Indonesia Bentuk Tim Ahli Lahan Basah

Sampai saat ini, terdapat 169 negara yang menjadi anggota dalam jaringan konservasi lahan basah. Indonesia bergabung dalam Konvensi Ramsar pada tahun 1991, dan sejak itu Indonesia sudah memiliki 6 Situs Ramsar yang dilindungi oleh negara.

6 Situs Ramsar Indonesia

  1. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW)

6 situs Ramsar IndonesiaSitus Ramsar ini berupa perpaduan antara rawa, savanna, dan hutan hujan. Terletak di Kendari Sulawesi Tenggara. TNRAW ini merupakan habitat bagi satwa endemic seperti babirusa dan anoa. Selain itu juga habiatat dari 155 jenis burung termasuk di dalamnya adalah burung endemik yang terkenal di Indonesia seperti Maleo dan Merpati Hitam Sulawesi.

  1. Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS)

Taman Nasional Berbak dan SembilangSitus Ramsar ini terletak di Sumatera Selatan dan Jambi. TNBS memiliki ekosistem hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, dan hutan dataran rendah di tepian sungai. Di kawasan ini ada 44 jenis reptilia, 22 jenis moluska, 95 jenis ikanm 53 jenis mamalia yang diantaranya langka dan terancam punah seperti harimau Sumatra, tapir Asia, kucing bakau, dan macan dahan.

  1. Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS)

Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau SentarumSitus yang ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tahun 1999 ini berada di aliran Sungai Kapuas yang ada di Pontionak, Kalimantan Barat. TNBKDS memiliki gugusan pulau dan kompleks danau dengan ribuan hektar rawa tergenang. Kawasan tersebut menjadi habitat satwa endemik seperti bekantan, ikan arwana merah, serta menjadi habitat anggrek hitam.

  1. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional WasurWilayah yang menjadi situs ramsar ini terletak di ujung timur Indonesia yakni Papua. Lokasinya masih sangat terpencil dan jarang dijamah manusia. Didominasi oleh savana dan hutan rawa, hutan bamboo, dan hutan mangrove. Taman Nasional Wasur dihuni 120 spesies burung seperti cendrawasih kuning besar, cendrawasih raja, cendrawasih merah, kasuari gelambir, kesturi raja hingga dijuluki sebagai Serengiti Papua.

  1. Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP)

Taman Nasional Tanjung PuttingSitus Ramsar ini berada di tenggara Kotawaringin, Kalimantan Tengah. TNTP didominasi oleh hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan tropika dataran rendah, hutan kerangas, hutan pantai, hutan mangrove, dan hutan sekunder. Kawasan ini menjadi habitat orangutan Kalimantan, bekantan, owa Kalimantan, rusa sambar, kijang mucak, labi-labi, burung sandang lawe, dan masih banyak satwa langka lainnya.

  1. Suaka Margasatwa Pulau Rambut

Suaka Margasatwa Pulau RambutSitus Ramsar ini berada di utara Jakarta, tepatnya di Pulau Seribu. Pulau ini memiliki tipe ekosistem hutan pantai, hutan sekunder campuran, dan hutan mangrove. Di wilayah yang secara resmi merupakan suaka margasatwa ini tercatat terdapat 54 spesies burung dan 6 spesies reptil. SM Pulau Rambut ini juga disebut juga sebagai Pulau Surga Burung karena tingkat keanekaragaman burungnya tinggi.

Baca juga: Membangun Lahan Basah untuk Pertanian dan Konservasi

Itulah 6 Situs Ramsar Indonesia yang wajib kamu ketahui. Dengan adanya Situs Ramsar ini, selain untuk pelestarian alam, juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi warisan alam nasional ke dunia internasional. Ini menjadi daya tarik kunjungan internasional untuk wisata, riset, budaya, dan Pendidikan. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi Situs Ramsar? (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here