Home Pertanian Mengenal AeroFarms, Perusahaan Vertical Farming Indoor asal New Jersey

Mengenal AeroFarms, Perusahaan Vertical Farming Indoor asal New Jersey

Agrozine – Pada tahun 2050, diperkirakan akan ada 9 miliar orang yang tinggal di Bumi. Pada saat yang sama, lahan pertanian yang subur akan menurun. Untuk menanam lebih banyak dengan ruang yang lebih sedikit, diperlukan inovasi baru dalam pertanian.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat AeroFarms, perusahaan vertical farming dalam ruangan yang berbasis data dari New Jersey, Amerika Serikat. Bila dibandingkan dengan pertanian konvensional, AeroFarms minim penggunaan air sebesar 95 persen dan mengoptimalkan suhu, kelembaban, serta nutrisi tanaman.

Visi dan Misi

AeroFarms memiliki misi untuk mengubah pertanian dengan membangun dan mengoperasikan sistem pertanian yang ramah lingkungan di seluruh dunia, memungkinkan produksi lokal dalam skala besar, serta memproduksi makanan yang aman dan bergizi. Perusahaan vertical farming ini telah memetakan arah menuju standar baru pertanian sejak tahun 2004.

Baca Juga : Bowery Farming, “Perusahaan Pertanian Modern”

Dengan mengubah rantai pasok tradisional, dan membangun rute distribusi yang dekat dengan pusat populasi. AeroFarms menetapkan standar baru atas keterlacakan dengan mengelola sayuran dari benih hingga kemasan siap jual, dengan hasil 390 kali lebih besar per kaki persegi per tahun. Visi perusahaan adalah berbagi hasil panen dengan seluruh penduduk dunia.  Saat ini, AeroFarms telah memiliki 9 kebun, kebun vertical terbesar di dunia, dan kantor pusat yang berlokasi di Newark, New Jersey.

Teknologi yang Diterapkan

AeroFarms mengklaim produknya tidak menggunakan pestisida sama sekali. Perusahaan ini menggunakan teknologi dan ilmu data terbaru, serta machine vision dan kecerdasan buatan (AI) untuk memenuhi misi, yakni menumbuhkan tanaman terbaik untuk umat manusia.

  • Smart Aeroponics. Sistem aeroponik yang menyemprot akar sayuran dengan nutrisi, air, dan oksigen dalam bentuk kabut. Sistem closed loop ini minim penggunaan air sebesar 95 persen dibandingkan pertanian di lahan dan 40 persen dibandingkan hidroponik.
  • Smart Light. Lampu LED yang membentuk pencahayaan khusus pada tiap tanaman, dengan spektrum, intensitas, dan frekuensi yang dibutuhkan agar dapat berfotosintesis dan hemat energi. Pencahayaan ini memungkinkan AeroFarms mengontrol ukuran, bentuk, tekstur, warna, rasa, dan nutrisi dengan presisi dan meningkatkan produktivitas.
  • Smart Nutrition. Semua makro dan mikro nutrient tanaman yang diperlukan, disediakan agar dapat berkembang. Benih yang digunakan serupa seperti yang digunakan pada pertanian konvensional, namun menghasilkan 390 kali lebih banyak per kaki persegi.

AeroFarms is the commercial leader in indoor farming. We grow without sun or soil in a fully-controlled indoor environment. We have optimized our patented aeroponic growing system for faster harvest cycles, predictable results, superior food safety and less environmental impact.

  • Smart Data. Ilmuwan perusahaan mengembangkan pendekatan terbaru menggunakan machine vision, machine learning, dan integrasi IoT.
  • Smart Substrate. Media kain tumbuh yang terbuat dari plastik daur ulang, BPA-free, yang dapat dibersihkan setelah panen dan disemai kembali tanpa resiko kontaminasi.
  • Smart Pest Management. Lingkungan dalam ruangan terkontrol, sehingga metode penanaman AgroFarms dapat menghentikan siklus hama dalam ruangan.
  • Smart Scaling. Ukuran dan konfigurasi sistem AeroFarms dapat disesuaikan. Sistem ini terdiri dari blok bangunan yang dapat ditumbuk vertikal ataupun memanjang.

Produk yang Dijual

Dengan sistem pertanian yang terkontrol, AeroFarms dapat menyempurnakan setiap aspek warna, tekstur, nutrisi, dan rasa sayuran. Adapun produk yang dijual AeroFarms dengan merk dagang “Dream Greens” yakni baby greens seperti baby kale, baby aragula, baby supermix, baby spicy mix, dan baby spring mix yang dijual dengan bobot 128 gram. Adapula baby watercress, baby pac choi, dan baby ruby streaks dengan berat per pack 99 gram. Selain itu, ada dua varian microgreens yang dijual dengan berat per pack sebesar 99 gram yakni micro super mix dan micro spicy mix.

Nah, sekarang kita telah mengenal visi misi, penerapan teknologi, serta produk dari AeroFarms. Dream Greens diklaim memiliki rasa kale yang lebih manis dan aragula yang lebih pedas.  Produk ini tersedia secara luas di wilayah metropolitan New York. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here