Home Perikanan Mengenal Alat Ukur Kecerahan Air Hasil Modifikasi KKP

Mengenal Alat Ukur Kecerahan Air Hasil Modifikasi KKP

alat ukur kecerahan air

Agrozine.id – Kamu sudah pernha melihat alat ukur kecerahan air? Telah dimutahirkan dari alat yang sebelumnya, KKP melalui Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) berhasil memodifikasi alat kecerahan air lho agar cara kerja alat ini semakin maksimal. Alat ini digunakan untuk melihat seberapa baik kualitas dan kecerahan air di suatu wilayah. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Peralatan atau media pengukur kecerahan perairan sebenarnya sudah banyak dibuat, baik dalam bentuk yang sederhana maupun modern. Namun, alat tersebut masih banyak kekurangan, seperti mudah terbawa arus ketika dimasukkan ke dalam kolam air, sehingga membutuhkan waktu untuk memposisikan, mahal, dan mudah terjadi kekeliruan dalam membaca data.

Baca juga: KKP Kembangkan Smart Card untuk Pendataan Kapal Nelayan

Oleh karena itu, BRSDM melalui Balai Riset Pemulihan Sumber Daya Ikan (BRSDI) telah memodifikasi alat ukur kecerahan air, sehingga lebih cepat masuk kedalam air, mengurangi gaya gesek ketika terkena hempasan arus, dan mudah dalam mencatat kedalaman air.

Alat ukur kecerahan pada air yang telah berhasil dimodifikasi ini terdapat tiga komponen utama, diantaranya yaitu:

  • Katrol dan tali

Terbuat dari bahan senar nylon untuk mengurangi gaya gesek ketika terkena hempasan arus karena diameternya kecil dan licin. Jadi nantinya benang nylon tersebut ditandai setiap 10 cm sebagai pencatat kedalaman airnya.

  • Piringan ukur atau secchidisk

Secchi Disk adalah lempengan sederhana yang berbentuk cakram, pada permukaannya terdapat warna hitam dan putih, berbentuk berupa arsiran dengan empat bagian. Secchidisk ini telah dimodifikasi dengan melubangi pada bagian plat fiber sehingga ketika alat masuk ke dalam air tidak akan terbawa arus sehingga alat tetap tegak.

  • Pemberat

Pemberat dipasang di bawah piringan ukur dan pemberat ini juga nantinya bisa dibongkar pasang. Pemberat pada alat ukur kecerahan air ini memiliki berat 20 kg.

Baca juga: Mengenal Profil dan Sejarah Badan Karantina Ikan (BKIPM) KKP

Nah, itulah ulasan mengenai alat untuk mengukur kecerahan air. Sebenarnya data kecerahan air sangat diperlukan untuk mengetahui apakah suatu kawasan perairan tercemar atau tidak. Sehingga, diharapkan dengan adanya Alat Ukur Kecerahan Air ini dapat digunakan untuk penelitian, baik di perairan tawar maupun laut dan sungai yang berarus. (ran)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here