Home Tanaman Hias Mengenal Alocasia Jakclyn atau Tandurusa, Tanaman Hias Aroid Asli Indonesia

Mengenal Alocasia Jakclyn atau Tandurusa, Tanaman Hias Aroid Asli Indonesia

Agrozine.id – Tanaman hias menjadi tren akibat banyaknya peminat tanaman ini. Koleksi tanaman aroid menjadi salah satu yang sedang naik daun saat ini dan Allocasia termasuk di dalamnya. Tanaman yang memiliki kemiripan morfologi dengan talas ini ternyata ada yang endemik dari beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Alocasia jacklyn atau tandurusa. Dalam artikel ini, kita akan mengenal Alocasia jacklyn lebih detail. Simak ulasannya berikut.

Alocasia jacklyn atau disebut juga tandurusa adalah salah satu tanaman hias aroid asli Indonesia yang tidak ada di negara lain. Tanaman ini berasal dari Sulawesi. Tanaman ini ditemukan oleh pengiat sekaligus pakar tanaman hias Noldy Topan di perbatasan antara Gorontalo dan Manado, Sulawesi Utara. Sedangkan yang mempopulerkan tanaman ini pertama kali adalah seorang perempuan asal Manado yang merupakan pecinta tanaman hias. Nama Alocasia jacklyn juga diambil dari nama perempuan tersebut sebagai orang yang pertama kali mempopulerkan tanaman hias ini.

Hingga saat ini sebenarnya penamaan tanaman hias ini masih menjadi perdebatan karena masyarakat di lokasi penemuan kurang setuju dengan penamaan tersebut, namun saat ini nama Allocasia jacklyn sudah terlanjur dikenal dan akrab di telinga masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Jenis Calathea Pink Jessy dan Cara Merawatnya

Noldy memprediksi tanaman hias yang memiliki bulu di permukaan daunnya ini akan memiliki masa depan bagus layaknya tanaman hias lainnya yang sedang tren saat ini. Jika diperhatikan secara morfologi, Alocasia jacklyn memiliki daun berwarna hijau tua dengan serat berwarna hitam. Jika disentuh, permukaan daun tanaman ini memiliki bulu-bulu halus yang juga disebut Noldy sebagai pembeda jenis tanaman yang satu ini dengan tanaman Alocasia lainnya.

Sejauh ini, permintaan untuk Alocasia jacklyn datang dari Amerika dan Thailand sehingga tanaman ini memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk harga ekspor, tanaman ini dipatok dengan harga Rp 2-3 juta per pohon dengan jumlah daun 2-3 daun. Sedangkan untuk ukuran kecilnya, tanaman ini dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan. Untuk pasar Indonesia, anakan dihargai mulai Rp 100ribuan.

Baca Juga: Daftar 7 Jenis Tanaman Hias Anthurium Termahal di Dunia (update 2021)

Jika diperhatikan keindahan Alocasia jacklyn ini terletak pada daunnya yang memiliki serat berwarna hitam. Sementara untuk perawatannya, tanaman ini bisa dibilang susah-susah gampang. Alocasia jacklyn cocok disimpan di dalam ruangan atau di lokasi teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Namun media tanamnya juga tidak boleh terlalu basah karena akan mengakibatkan bonggol menjadi busuk.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan saat ingin menanam tanaman ini adalah tidak boleh langsung ganti media tanam ketika baru diambil dari alam. Sebelum ditanam kembali, tanaman ini harus dibiarkan beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan meletakkan tanaman di tempat yang sejuk dan teduh karena di habitat aslinya tanaman ini tumbuh pada ketinggian 800 mdpl dengan kondisi dingin.

Baca Juga: 9 Jenis Philodendron Paling Digemari, Koleksi Tanaman Sultan 
Paling Dicari Tahun Ini

Nah setelah mengenal Alocasia jacklyn, apakah kamu ingin punya koleksi tanaman aroid asli Indonesia ini? Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik ya agar tanamanmu tetap tumbuh dengan cantik. (ira)

(content patnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here