Home Perikanan Mengenal Angler Fish : Ikan Terjelek yang Hidup di Laut Dalam

Mengenal Angler Fish : Ikan Terjelek yang Hidup di Laut Dalam

Agrozine.id – Pernah mendengar nama ikan yang satu ini? Angler fish, disebut-sebut sebagai ikan terjelek lantaran proporsi wajah dan tubuhnya yang tidak biasa. Ikan ini hidup di kedalaman ratusan meter di laut dalam. Mengenal Angler fish dalam bahasa Indonesia disebut juga ikan sungut ganda yang dikenal juga sebagai ikan petualang sejati.

Angler fish memiliki cara menangkap mangsa yang tidak biasa yaitu dengan memakai bagian badan yang menonjol keluar dari kepala yang mirip seperti mata pancing atau antena.

Dilihat dari morfologinya, ikan angler fish memiliki bentuk mulut yang besar dan seolah siap untuk menerkam mangsanya setiap saat. Selain itu, ikan ini juga memiliki bentuk rahang yang panjang dan gigih yang berarah sehingga memudahkannya untuk memasukkan mangsanya kedalam perut.

Ciri lain dari ikan angler fish ini adalah memiliki bentuk tubuh bundar berwarna coklat abu-abu hitam dan bermata kecil. Selain itu salah satu ciri khas ikan ini adalah dapat mengeluarkan cahaya untuk mencari mangsa dan melindungi dirinya dari musuh. Cahaya yang muncul tersebut berasal dari bola lampu yang menggantung di kepalanya. Namun ciri ini hanya dimiliki oleh angler fish betina, sedangkan jantan tidak ada.

Ikan angler fish hidup di perairan dengan kedalaman mencapai 3.300 sampai 6.600 kaki di bawah laut. Panjang ikan angler fish bisa mencapai 2 kaki dengan berat mencapai 45 kg. Daerah yang menjadi habitat asli ikan ini dapat ditemukan di Samudra Artktik, Pasifik, Hindia, Atlantik dan Laut Mediterania.

Angler fish merupakan ikan karnivora atau pemakan daging. Meski memiliki habitat asli di laut dalam, ikan ini sesekali akan muncul ke permukaan untuk menangkap burung yang ada di permukaan air.

Angler fish termasuk ikan yang dapat berenang dengan cepat. Namun jika berada dalam kondisi tidak ada gangguan di sekitarnya, ikan ini akan berenang dengan pasif atau tidak banyak bergerak. Saat keadaan di sekitarnya tenang, bahkan angler fish ini bisa hanya melakukan pergerakan 0,24 panjang tubuhnya per detik.

Mengenal Angler fish betina memiliki satu filamen panjang yang tumbuh di tengah kepalanya yang disebut Illicium. Nah di ujung illicium ini akan tumbuh daging yang disebut esca yang digunakan ikan ini untuk menarik mangsa. (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here