Home Populer Mengenal Anthurium Magnificum Verde, Perawatan dan Harganya

Mengenal Anthurium Magnificum Verde, Perawatan dan Harganya

Agrozine.id – Dalam artikel ini yuk kita membahas salah satu tanaman hias yang paling banyak digemari lagi, yaitu Anthurium. Lebih spesifik kita akan membahas dan mengenal Anthurium magnificum verde yang bagi sebagian besar orang sudah tidak asing lagi. Namun biasanya kita hanya mengenal tanaman secara sekilas melalui ciri yang gampang terlihat. Kali ini yuk berkenalan lebih banyak tentang Anthurium Magnificum Verde, cara merawatnya dan update harganya di berbagai e-commerce tahun 2021.

Anthurium Magnificum Verde adalah tanaman hias indah dari famili tumbuhan Araceae yang memiliki daun berwarna hijau besar dan bunga yang indah ketika mekar. Dibandingkan dengan jenis anthurium lain, daun tanaman yang satu ini memang jauh lebih besar. Selain itu, bunga tanaman ini juga terstruktur dengan indah.

Sekilas Tentang Genus Anthurium

Dalam bahasa Yunani, kata anthurium berarti bunga ekor yang mengacu pada bentuk bunga dan daun tanaman ini. Genus tumbuhan anthurium memiliki sekitar 1000 jenis dan merupakan yang terbesar diantara semua genus dalam famili Araceae. Tumbuhan dari genus anthurium ini ada yang berhabitus epifit dan ada pula terestrial.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Paling Populer dan Banyak Peminatnya

Semua jenis tanaman anthurium memiliki bunga yang memiliki bagian jantan dan betina (putik dan benang sari). Tanaman anthurium juga memiliki buah yang kebanyakan tergolong buah beri yang tumbuh berkelompok. Namun buah tanaman ini mengandung racun sehingga harus hati-hati saat memegangnya.

Buah tanaman anthurium mengandung kristal kalsium oksalat yang dapat menyebabkan peradangan jika dimakan dan dipegang.

Asal dan Persebaran Anthurium

Genus tanaman anthurium berasal dari Meksiko wilayah utara hingga Argentina dan beberapa bagian Karibia. Namun Anthurium magnificum hanya ditemukan di Kolombia, Amerika Selatan.

Struktur dan Ciri Morfologi Anthurium magnificum

  1. Daun dan Batang

Semua tanaman anthurium akan terlihat berbeda saat masih anakan (baby) dengan tanaman yang sudah dewasa. Tanaman ini memiliki tangkai daun yang berfungsi untuk menopang daun tanaman dan biasanya disebut batang tanaman bersayap. Sedangkan batang tanaman yang sebenarnya adalah alasnya. Sedangkan daun tanaman ini memiliki beludru yang mengkilap di permukaan atasnya.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Anthurium Papililaminum, Si Eksotis Hutan Hujan

Daun tanaman ini berwarna hijau tua namun terkadang juga memiliki dua warna daun (bicolor). Batangnya bisa mencapai panjang 40-50 cm dan biasanya semakin panjang seludang maka batang tanaman juga akan semakin panjang.

2. Bunga

Semua tanaman anthurium termasuk Anthurium magnificum termasuk dalam kelompok aroid yang artinya tanaman ini menumbuhkan tongkol dan seludang dan pada gilirannya akan menumbuhkan bunga-bunga kecil. Seludangnya melengkung dan berwarna hijau sedangkan tongkol berwarna hijau gelap dan akan berubah menjadi kuning saat sudah matang.

Bunga anthurium tumbuh di batang dan memiliki seludang berwarna putih, merah,kuning maupun hijau.

Ketahanan dan Kesesuain Lingkungan

Anthurium Magnificum Verde tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa air dan tidak boleh dibiarkan terlalu lama tidak disiram. Tanaman yang mengalami dehidrasi akan terlihat kusam dan kering serta rentan terhadap penyakit. Meski memiliki daun yang tebal dan kuat, namun tanaman ini tidak tahan terhadap tekanan yang ekstrim. Selain itu tanaman ini juga rentan terhadap penyakit seperti hawar bakteri, busuk akar dan penyakit hidung hitam sehingga diperlukan perawatan yang teratur untuk memastikan tanaman tetap sehat.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Anthurium Dorayaki dan Harganya di 2021

Perawatan Anthurium magnificum

Selain mengenal Anthurium magnificum secara umum, kita juga perlu mengetahui cara merawat tanaman ini. Untuk perawatan Anthurium magnificum membutuhkan suhu hangat serta cahaya dan kelembaban sedang. Untuk penyiraman tanaman ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup 2-3 kali dalam seminggu atau tergantung kebutuhan tanaman. Yang penting diperhatikan adalah agar media tanam tidak terlalu kering.

Jika media tanam sudah terlihat kering maka segeralah siram tanaman agar kelembabannya kembali. Selain itu Anthurium magnificum disarankan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung yang akan menyebabkan daunnya terbakar. Tanaman ini tumbuh dengan baik di suhu antara 12-16 derajat celcius.

Selain penyiraman, dalam perawatan anthurium juga dibutuhkan pemupukan yang dapat dilakukan satu minggu sekali atau satu bulan sekali menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Paling Populer dan Banyak Peminatnya

Budidaya dan Perbanyakan

Cara untuk memperbanyak tanaman Athurium tergolong mudah. Kita bisa menggunakan teknik cutting atau propagasi/ stek bonggol. Berikut adalah caranya:

  • Pilih anthurium yang sudah matang/tua dan siap diperbanyak, lalu potong bagian batangnya. Jangan lupa sisakan beberapa daun di ujungnya
  • Siapkan pot dan media tanam baru dan tanamlah stek di dalamnya
  • Jangan lupa untuk menyiram tanaman dengan rutin dan berkala untuk meningkatkan proses pertumbuhan dan perkembangannya
  • Letakkan tanaman di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung

Harga Anthurium di E-commerce Tahun 2021

Berbagai e-commerce juga menjual tanaman hias termasuk anthurium. Nah di beberapa e-commerce ini harga tanaman dibedakan atas pengelompokan anakan, tanaman remaja dan tanaman dewasa maupun bonggol. Selain itu, penentuan harga juga bisa didasarkan pada kerimbunan daun tanaman.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Anthurium, dan Kenali Juga Jenis Anthurium

Untuk Anthurium magnificum sendiri harga tanaman anakan dan remaja mulai dari Rp 50.000- Rp. 100.000. Sedangkan untuk tanaman dewasa berkisar antara Rp 150.000 dan bisa pula penentuan harga ini ditetapkan berdasarkan jumlah daun pada tanaman.

Setelah mengenal Anthurium magnificum, apakah kamu tertarik untuk memiliki tanaman cantik yang satu ini? Saat ini ada banyak nursery atau petani tanaman hias yang menyediakan jenis yang satu ini dan peminatnya pun tetap banyak. Kamu kah salah satunya? Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here