Home Tanaman Hias Mengenal Anthurium Warocqueanum, Koleksi Tanaman Hias Sultan Paling Digemari

Mengenal Anthurium Warocqueanum, Koleksi Tanaman Hias Sultan Paling Digemari

Agrozine.id – Tanaman ini bernama Anthurium warocqueanum. Mungkin tidak terdengar asing lagi di telinga masyarakat, terutama kolektor tanaman hias. Spesies tanaman yang berasal dari keluarga Araceae ini termasuk salah salah tanaman hias koleksi dengan harga fantastis dan memang banyak dicari oleh para kolektor tanaman hias. Penampilan eksentriknya membuat tanaman ini menjadi permata dalam ruangan. Lalu sejauh apa anda sudah mengenal Anthurium warocqueanum? Bagaimana proses perawatan yang tepat untuk tanaman hias sultan yang satu ini? Berikut ulasannya untuk anda.

Apa Itu Anthurium Warocqueanum?

Anthurium warocqueanum adalah salah satu jenis tanaman hias Aroid dari famili Araceae. Tanaman ini awalnya dideskripsikan pada abad XIX oleh Thomas Moore di majalah hortikultura bernama Floris and pomologist. Pemberian nama tersebut merupakan penghormatan untuk seorang pemulia tanaman amatir Belgia yaitu T. Warocque.

Anthurium warocqueanum adalah tanaman epifit asli Kolombia Tengah dan Barat. Tanaman ini meiliki daun yang indah dan dapat tumbuh hingga ukuran 6 kaki. Daunnya yang unik berwarna hijau tua, tebal dan kasar serta memiliki venasi perak yang akan lebih menonjol ketika tanaman dewasa.

Di lingkungan alaminya, tanaman ini bisa memiliki daun hingga 2 meter. Tanaman ini menyukai tempat yang lembab dan suhu antara 20-25 derajat Celcius. Selain itu dalam perawatannya, tanaman ini tidak boleh dibiarkan terlalu basah karena akan menyebabkan kebusukan pada tanaman.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Anthurium Regale dan Harganya di E-commerce 2021

Syarat Tumbuh Anthurium Warocquaenum

Untuk mengenal Anthurium warocqueanum, kita perlu mengetahui syarat tumbuh tanaman ini. Ada beberapa aturan dasar yang harus diikuti saat memelihara tanaman hias Anthurium warocquaenum. Salah satunya adalah syarat tumbuh. Tanaman ini menyukai media tanam yang porous sehingga memudahkan akar tanaman untuk bernapas. Yang paling penting adalah menyediakan campuran media tanam yang memudahkan akar tanaman untuk bernapas dan air untuk sirkulasi.

Untuk pembuatan media tanaman pada tanaman hias yang satu ini, disarankan membuatnya dari campuran bahan-bahan yang akan memungkinkan kondisi optimal bagi tanaman untuk berkembang. Campuran kulit kayu, arang sekam, serat pakis dan campuran lumut menjadi media tanam yang cocok untuk tanaman ini karena akan memberikan kelembaban untuk akar tanaman.

Selain itu, anda juga bisa menanam Anthurium warocquaenum dengan media Sphagnum Moss saja. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah memastikan agar substrat tetap lapang dan lembab.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Hias Anthurium Papililaminum, Si Eksotis Hutan Hujan

Kelembaban

Di habitat aslinya, tanaman ini menyukai lokasi dengan kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu,pemulia tanaman menarik kesimpulan bahwa mereka harus ditempatkan di lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi sehingga akan lebih mudah untuk proses penyesuain dengan lingkungan barunya.

Jika ditempatkan di outdoor, maka Anthurium warocqueanum membutuhkan kelembaban hingga 70% atau lebih tinggi lagi. Namun jika ditempatkan di dalam ruangan, anda bisa menyirami tanaman ini lebih sering untuk mengimbangi kelembaban yang tinggi. Jika di dalam ruangan, tanaman ini membutuhkan kelembaban setidaknya 55%.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Anthurium Dorayaki dan Harganya di 2021

Selain kelembaban, kesesuaian suhu juga menjadi faktor penting untuk pertumbuhan Anthurium warocqueanum. Tanaman ini membutuhkan suhu 20-25 derajat Celcius untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Pengairan

Tanaman hias ini membutuhkan kelembaban tinggi, namun tidak boleh dibiarkan terlalu basah, sehingga proses pengairan atau penyiraman menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Disarankan untuk menyiram tanaman ini dengan rutin, namun tidak menggunakan air yang terlalu banyak. Jika media tanam dirasa sudah kering, segeralah siram untuk mengembalikan kelembaban pada tanaman.

Anthurium warocqueanum dapat disiram setiap tiga kali dalam seminggu atau menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Daun Layak Dikoleksi

Persyaratan Cahaya 

Anthurium warocqueanum membutuhkan cahaya untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Tanaman ini adalah penangkap cahaya sejati. Namun meski membutuhkan cahaya matahari, tanaman ini tidak boleh terpapar langsung di bawah sinar matahari. Hal inilah yang membuat perawatan tanaman hias ini dianggap susah-susah gampang.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Paling Populer dan Banyak Peminatnya

Jika sinar matahari langsung mengenai dedaunan, maka akan menyebabkan daun menjadi terbakat dan akan muncul bintik-bintik hitam dan coklat tua pada daun. Sedangkan di lingkungan buatan, tanaman ini membutuhkan tambahan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang di dalam ruangan. Nutrisi utama yang dibutuhkan tanaman ini adalah fosfor, nitrogen dan kalium.

Selain itu, kebutuhan pemupukan juga menjadi salah satu faktor penentu dalam pertumbuhan Anthurium warocqueanum. Pupuk yang direkomendasikan untuk menutiris tanaman ini adalah jenis pupuk slow realisasi, tetapi anda juga menggunakan pupuk cari dan pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan pupuk. Pemupukan dapat dilakukan setiap sekali dalam satu minggu.

Baca Juga: Mengenal Anthurium Magnificum Verde, Perawatan dan Harganya

Perbanyakan Anthurium warocqueanum

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Sebelum melakukan perbanyakan tanaman, pastikan alat yang anda gunakan steril untuk mencegah penularan kuman dari mata pisau yang digunakan.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan pot yang memiliki lubang drainase sebagai wadah tanaman. Selain stek batang, anda juga menggunakan bisa memperbanyak tanaman Anthurium warocqueanum melalui pembagian tanaman induk.

Permasalahan dan Cara Mengatasi

1.Daun menguning

Daun menguning ini menjadi masalah umum yang kerap terjadi pada Anthurium warocqueanum. Hal ini dapat terjadi karena proses alami dari sirkulasi hidup tanaman. Biasanya hal ini juga bisa terjadi jika penyiraman terlalu berlebihan dan selain menyebabkan daun menguning juga akan menyebabkan akar menjadi busuk.

Baca Juga: 9 Jenis Philodendron Paling Digemari, Koleksi Tanaman Sultan 
Paling Dicari Tahun Ini

2. Masalah akar

Untuk mengetahui permasalahan akar pada tanaman ini, bahkan setelah membuat perubahan mengenai penyiraman, suhu, kelembaban dan pemupukan maka periksalah kondisi akar tanaman dan potong bagian yang terinfeksi pada akar untuk mencegahnya menularkan penyakit kepada tanaman lain.

Jika akarnya rusak, anda dapat membuang bagian akar yang rusak dan dapat mempertimbangkan untuk merepotting tanaman anda dengan campuran media tanam baru.

Baca Juga: 20 Jenis Aglaonema yang Hits dan Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Hama

Tanaman Anthurium warocqueanum sendiri tidak begitu rentan terhadap hama, namun jika dikeliling tanaman lain, mereka bisa menjadi begitu kebal terhadap hama pengganggu tanaman seperti sisik, kutu putih atau tungau dan laba-laba. Biasanya hama yang menyerang tanaman ini akan meninggalkan jejak seperti debu putih menyerupai jaring (disebabkan oleh laba-laba) dan meninggalkan cairan transparan yang lengket. Cara termudah untuk mencegah hama pada tanaman ini adalah dengan menyemprotkan alkohol 70%.

Baca Juga: Mengenal Alocasia Jakclyn atau Tandurusa, Tanaman Hias Aroid Asli Indonesia

Kesimpulan

Anthurium warocquaenum adalah salah satu tanaman hias kelompok aroid yang digemari oleh para kolektor tanaman hias sehingga menyebabkan harga tanaman ini terus melambung tinggi. Dalam perawatannya, tanaman ini membutuhkan lingkungan dengan kelembaban tinggi dan suhu antara 20-25 derajat Celcius, sedangkan untuk pemupukannya dapat dilakukan sekali dalam seminggu menggunakan pupuk slow rilis maupun pupuk cair. Sebenarnya perawatan Anthurium warocqueanum bisa dibilang susah, namun bagi anda yang sudah mengenal Anthurium warocqueanum dan karakteristiknya, maka anda juga akan paham bagaimana cara terbaik untuk merawat tanaman ini. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat untuk anda. (ira)

(content patnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here