Home Perikanan Mengenal Aplikasi Laut Nusantara untuk Membantu Nelayan Indonesia

Mengenal Aplikasi Laut Nusantara untuk Membantu Nelayan Indonesia

Agrozine.id – Seiring dengan perkembangan teknologi dibutuhkan suatu alat untuk nelayan yang bisa membuat pengalaman melaut semakin aman dan efisien. Kini hadir sebuah aplikasi buatan lokal yang bertujuan untuk mengefisienkan kinerja nelayan di Indonesia. Aplikasi buatan anak bangsa ini bernama Laut Nusantara. Yuk mengenal aplikasi laut nusantara yang dibuat untuk membantu nelayan di Indonesia dalam meningkatkan kinerja dan hasil tangkapan saat melaut.

Setelah lebih dulu diperkenalkan pada komunitas nelayan, beberapa waktu lalu aplikasi Laut Nusantara ini resmi dirilis ditengah-tengah komunitas nelayan Bali di Jembrana langsung oleh Susi Pudjiastuti.

Aplikasi Laut Nusantara ini menyediakan berbagai informasi terkait yang dibutuhkan oleh nelayan kecil mulai dari informasi mengenai wilayah tangkapan, informasi sebaran ikan di pelabuhan sampai kepada kondisi cuaca di laut.

Dengan adanya bantuan dari aplikasi laut nusantara ini diharapkan para nelayan kecil bisa semakin meningkatkan hasil tangkapannya mengingat sebagian besar dari mereka mengandalkan hasil tangkapan dari laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan aplikasi laut nusantara ini dibangun selama hampir 5 bulan dan merupakan aplikasi untuk nelayan kedua yang dirilis oleh XL Axiata. Aplikasi Laut Nusantara menyediakan informasi secara real time dan data yang ditampilkan sepenuhnya didukung oleh Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

Berikut adalah berbagai fitur yang bisa ditemukan di dalam aplikasi Laut Nusantara:

1.Daerah penangkapan ikan

  • sebaran ikan
  • potensi sebaran ikan
  • data cuaca yang meliputi arah angin,kecepatan angin, tinggi gelombang laut dan status bahaya

2. Laporan tangkapan

  • jenis ikan
  • berat ikan yang didapat

3. Gelombang perairan

  • informasi gelombang perairan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tentang arah dan ketinggian gelombang laut

4. Informasi arah angin laut

5. Informasi arah ikan pelabuhan

  • data harga ikan dari Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP

6. Nama ikan dari tiga penamaan

  • nama daerah
  • nama Indonesia
  • nama latin

7. Perkiraan BBM

8. Chatting

  • sebagai sarana untuk percakapan antar pengguna dalam aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja dan hasil tangkapan nelayan, dimana informasi yang diberikan berkaitan dengan hasil tangkapan dan informasi yang bersifat edukasi mengenai potensi isu dan kelautan lainnya.

Demikian informasi mengenal aplikasi Laut Nusantara yang diharapkan mampu membantu nelayan Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dan hasil tangkapan. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here