Home Populer Mengenal Begonia Keong Ungu dan Keong Babat

Mengenal Begonia Keong Ungu dan Keong Babat

mengenal begonia keong ungu

Agrozine.id – Tanaman hias begonia memiliki banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi favorit pecinta tanaman hias di Tanah Air adalah begonia keong. Ternyata, tanaman hias yang satu ini memiliki banyak varietas lagi, diantaranya yakni keong ungu dan keong babat. Apa sih perbedaan kedua jenis begonia tersebut? Yuk kita mengenal begonia keong ungu dan keong babat!

Begonia adalah tanaman asli yang bisa ditemukan di kawasan beriklim tropis dan juga sub tropis. Tanaman ini bisa ditemukan di Amerika Selatan dan juga Amerika Tengah, serta Afrika bagian timur. Sementara di Asia, tanaman ini banyak tersebar di Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga sebagian India.

Baca juga: Mengenal Begonia Red Chili, Lengkap Cara Perawatan dan Harganya

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis Begonia yang populer diantaranya yaitu jenis Begonia Escargot atau lebih dikenal dengan nama Begonia Keong. Ternyata Begonia Keong itu masih ada beberapa varietas. Adapun yang membedakan antar varietas tersebut adalah warna daunnya.

Nah, buat kamu yang penasaran, kali ini kita akan mengenal begonia keong ungu dan keong babat. Pastinya lengkap dengan cara perawatan dan harganya.

Mungkin yang jadi pertanyaan pertama adalah kenapa namanya Begonia Keong? Hal tersebut tak lain karena bentuk daunnya yang menyerupai cangkang keong/siput. Jadi bentuk daunnya asimetris, dimana bagian tengahnya melintir.

Sesuai dengan namanya, Begonia Keong Ungu ini memiliki daun yang didominasi warna ungu. Lalu, pada bagian tengah dan tepain daunnya berwarna ungu tua. Di bagian tepi daun terdapat sedikit warna hijau hingga abu-abu sehingga menciptkan motif yang cantik.

Kemudian, untuk Begonia Keong Babat daunnya didominasi warna hijau dengan sentuhan bercak warna abu-abu. Lalu, bagian tengah daun yang dekat dengan tangkainya berwarna ungu tua. Begonia Keong Babat jika diperhatikan terlihat sangat cantik dengan gradasi warna pada daunnya.

Setelah mengenal begonia keong ungu dan keong babat, buat kamu yang penasaran, susah tidak sih merawat begonia jenis ini? Jawabannya adalah mudah. Asalkan kamu tau karakteristik tanaman begonia ini seperti apa. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mengenai media tanam, kebutuhan air dan cahaya, kelembaban, dan pastinya perawatan yang tepat.

Kondisi tanah yang ideal untuk perawatan begonia keong ungu dan keong babat adalah campuran tanah yang gembur dengan mulsa daun bamboo, peat moss, atau cacahan akar pakis. Jika kamu memilih untuk menanam begonia ini dalam ruangan, disarankan menggunakan substrat non tanah yang mengandung peat moss dan pasir atau sekam ya.

Kamu bisa menanam begonia keong ungu dan keong babat di bawah cahaya yang cukup tetapi tanpa sinar matahari langsung yang kuat. Kemudian, agar begonia keong ungu dan keong babat dapat tumbuh dengan baik, lakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan tanaman. Sebenarnya, begonia jenis ini menyukai tempat yang lembab. Tanaman ini termasuk dalam iklim dengan kelembaban sedang sampai tinggi tetapi tumbuh subur pada tingkat kelembapan sekitar 50%.

Tak lupa, perawatan tanaman begonia keong ungu dan keong babat juga perlu dilakukan. Jadi, lakukan pengecekan tanaman secara berkala ya. Selain itu, berikan juga pupuk dengan dosis yang tepat.

baca juga: Mengenal Begonia Iron Cross atau Tapak Macan, Berapa Harganya?

Buat kamu yang tertarik ingin menanam dan merawat begonia keong ungu dan keong babat di rumah, kamu sekarang sudah bisa membeli tanaman hias eksotik ini beberapa marketplace dengan harga berkisar antara Rp 50.000 untuk anakan, Rp 100.000 usia remaja, dan Rp 200.000 untuk yang dewasa atau indukan. (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik berikut ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here