Mengenal Bintang Laut, Jenis dan Karakteristik Uniknya

    mengenal ciri khas bintang laut

    Agrozine.id – Bintang laut adalah spesies Echinodermata atau biota laut tanpa tulang belakang (invertebrata). Bintang laut sering juga disebut dengan istilah predator pantai. Dalam artikel ini kita akan mengenal jenis karakteristik bintang laut.

    Bintang laut memiliki tubuh simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Biota laut ini tidak memiliki rangka yang dapat menopang tubuhnya dan membantu pergerakan. Bintang laut bergantung pada kaki tabung yang terletak pada bagian ventral untuk membantu pergerakan dan mencari makan.

    Mengenal Ukuran Bintang Laut

    Ukuran bintang laut bervariasi mulai dari 1 cm hingga 1 meter. Bintang laut hidup di dasar laut dan bisa begerak, mempunyai duri-duri pendek seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. Hewan ini memakan koral atau kerang-kerangan.

    Ketika bergerak, bintang laut dibantu dengan tabung dalam tubuhnya yang memompa air keluar masuk dari ratusan kaki tabung yang terjulur akibat tekanan air sehingga hewan ini bisa bergerak. Tiap kaki tabung pada bintang laut memiliki penghisap pada bagian ujungnya yang berfungsi untuk menghisap dan membuka kerang-kerangan saat memakannya.

    Satu keunikan dari bintang laut adalah mereka memiliki kemampuan autotomi atau kemampuan untuk memotong bagian tubuh sebagai upaya perlindungan diri dari serangan musuh. Tubuh bintang laut pada umumnya berwarna biru, ungu, hijau, atau campuran dari warna-warna tersebut.

    Jenis Bintang Laut

    1. Forcifulatida

    Mengenal jenis dan karakteristik bintang laut pertama adalah Forcifulatida. Ini merupakan ordo bintang laut dari famili Asteridae yang biasa dinamakan common fish. Jeni bintang laut ini ditemukan di perairan laut di utara sampai timur samudra Atlantik. Umumnya ordo Forcifulatida memiliki warna kuning dan coklat atau violet.

    baca juga : Kenali Karung Canggih Solusi Abrasi Pantai

    Tubuhnya memiliki 5 lengan yang semakin meruncing pada bagian ujungnya. Di bagian bawah tubuhnya Forcifulatida terdapat mulut yang tidak terlalu menonjol untuk makan atau membantu pergerakan.

    2. Bringisida

    Ordo ini memiliki jumlah lengan 6 hingga 8 yang panjangnya bisa sampai lebih dari 30 cm. Keunikan bintang laut jenis ini adalah memiliki cincin cakram yang digunakan sebagai senjata untuk mengambil makanan. Cincin tersebut terletak di sisi lengan yang bermanfaat juga sebagai organ pencernaan. Bintang laut jenis ini dapat ditemukan di perairan Karibia dan Selandia Baru serta hidup di lautan dalam.

    3. Notomyotida

    Ialah ordo bintng laut yang mempunyai jumlah spesies terkecil jika dibandingkan dengan ordo lainnya. Hanya terdiri dari 75 jenis dan 8 genus serta satu famili saja. Habitat bintang laut ini berada di lautan dalam. Ordo Notomyotida memiliki pergerakan yang cepat.

    4. Paxillosida

    Ordo ini dipecah lagi ke dalam lima famili yaitu Astropetinidae, Goniopectinidae, Luidiidae, Porsellanasteridae dan Radiasterideae. Bintang laut jenis ini memiliki sudut mulut yang lebar dan berujung pada oksike ambulakral, organisme dewasanya tidak memiliki anus dan organ penghisap. Pada bagian kaki tabungnya bintang laut ini memiliki areal marginal plates dan rambut-rambut halus.

    5. Spinulosida

    Ordo ini terdiri dari 120 spesies dan dua famili serta tujuh genus. Contoh spesiesnya adalah Echinaster sepositus yang memiliki lima lengan dengan bentuk ramping dan cakram utama yang kecil. Umumnya ordo bintang laut ini memiliki warna merah dan oranye dengan diameter 20-30 cm. Bintang laut ini bisa ditemukan di kedalaman 250 meter.

    6. Valvatida

    Ordo bintang laut Valvatida memiliki sebanyak 695 spesies, 172 genus dan 12 famili. Hamir seluruh spesies ini memiliki lima lengan dengan kaki tabung dua baris di sepanjang lengan yang dilengkapi dengan organ penghisap. Ciri khas dari ordo bintang laut ini adalah marginal ossicles. Contoh spesiesnya Pentagonaster dan Sea star.

    7. Velatida

    Mengenal jenis dan karakterisik bintang laut terakhir adalah Velatida. Ini merupakan ordo terakhir yan memiliki sekitar 200 spesies dari lima famili berbeda.

    baca juga : Ini Penjelajah Laut Legendaris Yang Handal

    Mempunyai tubuh yang tebal dengan bentuk cakram yang lebar dan umumnya hidup di laut dalam atau perairan yang dingin dan memiliki jangkauan luas. Jenis ini memiliki rangka tubuh yang lemah dan tidak cukup berkembang sehingga cara pergerakannya lebih fleksibel.

    Karakteristik Unik Bintang Laut

    • Merupakan fauna invertebrata yang tidak punya tulang belakang
    • Tubuh radial simetris dan permukaan tubuhnya berduri
    • Memiliki celah mulut atas dan terdapat sisi aboral yang memiliki anus
    • Permukaan tubuh yang terlindungi duri tersusun dari kalsium karbonat
    • Bernafas dengan organ yang disebut selom
    • Sistem syarafnya terdiri dari cincin syaraf, syaraf lengan dan syaraf radial di area cakram
    • Bergerak menggunakan kaki tabung

    baca juga : Mengenal Manfaat Terumbu Karang Untuk Biota Laut

    Demikian penjelasan tentang mengenal jenis karakteristik bintang laut, unik bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. (ira)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here