Home Perikanan Mengenal Botia Si Ikan Hias Eksotis

Mengenal Botia Si Ikan Hias Eksotis

Agrozine.id – Ikan botia ( Botia macracantha) merupakan ikan hias yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Di habitat aslinya ikan botia tinggal di daerah sungai-sungai berarus besar dan mengalir. Yuk mengenal botia, si ikan hias eksotis ini.

Ikan botia merupakan jenis ikan hias yang hidup secara berkelompok. Ikan hias ini berenang secara bergerombol setidaknya 5 ekor dalam satu kelompok. Ada satu keunikan ikan botia yaitu mereka sering berpura-pura mati dengan memiringkan tubuhnya ke sebelah kiri.

Jenis ikan hias botia ini ada banyak, tapi yang paling laku diantaranya adalah Botia Badut, Botia Macan, Botia Morleti, Botia India dan Botia Myanmar.  Ikan botia yang berasal dari Indonesia adalah Botia macan dan Botia badut.

Ikan botia memiliki tubuh agak bulat memanjang dan agak pipih ke samping, badan tidak bersisik dan mulut agak ke bawah (seperti torpedo) dengan 4 pasang sungut di atasnya. Ikan botia berwarna kuning cerah dengan 3 garis lebar berwarna hitam.  Ikan botia tergolong dalam jenis ikan nokturnal yang mencari makan di malam hari.

Ikan botia termasuk dalam jenis ikan karnivora, namun mereka juga bisa memakan berbagai jenis pakan mulai dari pakan beku seperti artemia, bloodworm, daging udang,daging ikan, dan beefheart. Ikan botia senang diberi makan dalam jumlah sedikit tapi sering. Secara umum ikan botia dewasa lebih pemilih dalam hal pakan dibandingkan dengan ikan muda.

Karena merupakan jenis ikan yang senang hidup berkelompok, maka memelihara ikan botia di dalam akuarium juga lebih baik jika dipelihara berkelompok antara 5-6 ekor dalam satu akuarium. Agar ikan ini betah  di dalam akuarium, sediakan tempat persembunyiannya di dalam akuarium.

Seperti halnya ikan-ikan yang lain, botia juga rentan terhadap penyakit. Contoh penyakit yang paling sering menyerang ikan botia adalah ick atau keracunan. Oleh karena itu sebelum memelihara ikan botia yang harus dipastikan adalah treatment terhadap air dan tumbuhan dalam akuarium. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih dan mengandung antibiotik konsentrasi rendah untuk membunuh bakteri air dan membersihkan tubuh ikan.

Setelah mengenal botia, apakah kamu tertarik untuk mencoba memeliharanya? (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here