Home Pet Mengenal Burung Ekek Keling dan Cara Merawatnya

Mengenal Burung Ekek Keling dan Cara Merawatnya

Agrozine.id – Burung ekek keling adalah burung endemik dataran rendah yang memiliki habitat alami di hutan tipe Montana. Saat ini burung ekek keling akrab di telinga para pecinta burung hias dan burung kicau. Burung ekek keling dikenal sebaga burung eksotis sehingga banyak digemari. Yuk mengenal burung ekek keling dan  cara merawatnya.

Burung ekek keling memiliki tubuh berwarna hijau, kadang ada beberapa yang berwarna biru, paruh berwarna ungu mengarah ke merah sehingga sering disebut burung paruh gincu.  Terdapat dua jenis burung ekek keling yang terkenal di kalangan masyarakat pecinta burung yaitu burung ekek keling Jawa dan ekek keling Kalimantan. Perbedaan antara keduanya terletak pada warna kornea mata, dimana burung ekek keling jawa memiliki mata dominan hijau sedangkan ekek keling Kalimantan putih.

Burung ekek keling memiliki kebiasaan terbang berkelompok dan berburu  serangga di hutan. Meski sering bersuara, namun di dalam hutan burung ini sulit dikenali karena warna tubuhnya yang hijau mirip dedaunanan.

Spesies ekek keling Jawa kini masuk dalam daftar burung hampir punah karena populasinya di  alam semakin sedikit. Ekek keling juga banyak dipelihara oleh para pecinta burung sebagai burung masteran karena karakter suara yang keras dan tajam.

 

Cara Merawat Burung Ekek Keling

Merawat burung ekek keling memiliki strategi khusus. Pagi hari burung ekek keling harus dikeluarkan dari sangkar agar mendapat sinar matahari. Di dalam sangkar burung ekek keling sebaiknya sediakan wadah untuk tempat mandi atau burung ekek keling dapat dimandikan dengan disemprot menggunakan sprayer.

Selanjutnya pastikan sangkar burung selalu dalam keadaan bersih agar burung ekek keling merasa nyaman. Segera bersihkan jika ada kotoran yang menumpuk di dalam sangkar. Burung ekek keling termasuk burung yang rakus saat makan. Oleh karena itu pastikan untuk memberikan pakan dalam jumlah cukup agar tidak menghambat pertumbuhan burung ekek keling.

Untuk menjaga kesehatan burung ekek keling, berikan juga pakan tambahan berupa buah-buahan seperti pisang dan pepaya atau bisa juga diganti dengan ulat hongkong, semut kroto dan jangkrik. Pakan kroto cukup diberikan dua kali seminggu dan jangan lupa berikan vitamin khsusus untuk burung kicau.

Untuk menjaga kebersihan tubuh burung ekek keling, usahakan untuk memandikannya  dua kali seminggu. Setelah dimandikan, angin-anginkan burung ekek keling agar bulunya cepat kering dan jemur selama 1-2 jam di bawah panas matahari. Untuk membantunya memiliki suara kicauan yang indah, usahakan tempatkan burung ekek keling bersama burung-burung kicau lainnya.

 

Begitulah cara merawat burung ekek keling. Apakah kamu berminat untuk mencoba memeliharanya? (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here