Home Pet Mengenal Burung Kehicap Ranting, Ciri dan Daerah Persebarannya

Mengenal Burung Kehicap Ranting, Ciri dan Daerah Persebarannya

Agrozine.id – Di Indonesia, jenis burung liar masih banyak. Salah satu jenis burung tersebut masuk dalam kategori dilndungi di Indonesia.  Salah satu burung  yang dilindungi adalah burung kehicap ranting (Hypothymis Azurea). Burung ini memiliki keunikan dan ciri khas  dengan tampilan tubuhnya yang indah. Yuk mengenal burung kehicap ranting,ciri dan persebarannya.

Burung kehicap ranting memiliki bulu berwarna biru muda di seluruh bagian tubuhnya dan warna putih terang di bagian perut dan tunggirnya dan sedikit warna hitam di bagian sayap dan atas ekornya.  Ukuran fisik burung kehicap ranting tergolong sedang hingga ukuran 16 cm. Pada bagian kepalanya terdapat lingkaran hitam berwarna hitam pekat yang menjadi pembeda dengan jenis burung lainnya.

Burung kehicap ranting memiliki kicauan merdu dan paruh berukuran sedang yang menukik ke bawah.

Burung kehicap ranting memiliki wilayah persebaran yang luas. Bukan hanya di Indonesia, tetapi burung ini juga tersebar di berbagai negara lainnya di Asia seperti India,Thailand,Vietnam, Malasyia dan Tiongkok. Di Indonesia sendiri, burung kehicap ranting dapat dijumpai di beberapa wilayah seperti Jawa,Bali,Sumatera dan Kalimantan.

Di alam liar, burung kehicap ranting menghuni berbagai tutupan hutan mulai dari hutan dataran rendah hingga hutan perbukitan. Burung ini memiliki musim berbiak pada bulan Januari hingga Juli. Burung kehicap ranting membangun sarang menyerupai bentuk mangkok dan diletakkan di dahan pohon yang tidak jauh dari atas pohon.

Sekali bertelur umumnya kehicap ranting betina dapat menghasilkan hingga 3 butir telur dimana pada saat mengerami telur,kehicap ranting betina memiliki warna kuning tua atau coklat merah.

Burung kehicap ranting termasuk jenis burung yang suka bergerakk bersama kawanannya. Burung kehicap ranting dikenal sebagai burung dengan tipikal bersuara merdu dan cukup nyaring yang dibunyikan secara terus-menerus. Ciri khas kehicap ranting mempunyai volume suara yang tinggi,dan terdengar cukup terang di pendengaran. Burung kehicap ranting ini dilindungi, maka harus kita lestarikan populasinya.

Nah demikianlah ulasan tentang burung kehicap ranting yang bersuara merdu dan indah. Setelah mengenal burung kehicap ranting, jika kamu ingin memeliharanya cobalah mencari di beberapa pasar burung yang menjual burung unik ini. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here