Home Populer Mengenal Calathea Crimson dan Harganya, Ternyata Mahal!

Mengenal Calathea Crimson dan Harganya, Ternyata Mahal!

Calathea Crimson dan harganya

Agrozine.id – Tanaman hias Calathea termasuk salah satu yang diminati para pecinta tanaman hias selama pandemi Corona ini. Salah satu yang menjadi favorit adalah Calathea Crimson. Berapa harga tanaman Calathea Crimson ini ya? Buat kamu yang penasaran yuk simak artikel ini, karena kita akan mengenal Calathea Crimson dan harganya.

Calathea adalah genus tanaman milik keluarga Marantaceae. Ada belasan spesies dalam genus ini. Calathea yang berasal dari Amerika tropis populer sebagai tanaman pot karena corak daunnya yang warna warni.

Calathea crimson memiliki warna daun keunguan dengan warna ungu muda pada permukaan daun dan warna ungu pekat yang membingkai daunnya. Corak garis pada tepian daun Calathea crimson menciptakan gradasi warna yang indah.

Selain itu, Calathea Crimson ini memiliki daun yang berbentuk membulat dan lebar. Tangkai daunnya yang pendek membuat tanaman hias yang satu ini terlihat rimbun.

Dengan keindahan warna Calathea Crimson, kamu bisa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di dalam rumah kamu. Kamu bisa meletakkannya di setiap sudut ruangan rumah kamu.

Baca juga: Mengenal Jenis Calathea Pink Jessy dan Cara Merawatnya

Buat kamu yang tertarik ingin menanam dan merawat Calathea Crimson, sebelumnya simak terlebih dahulu bagaimana sih cara perawatan tanaman hias yang satu ini? Mudah tidak sih?

  1. Penyiraman

Tanaman Calathea adalah tanaman hias yang dapat tumbuh ditempat yang lembab. Maka dari itu, Kamu hanya perlu melakukan penyiraman saat air di media tanam sudah mulai mengering. Jangan menyiram secara berlebihan karena akan memicu terjadinya pembusukan di bagian akar tanaman hias.

Daun tanaman hias Calathea menyukai air suling dan air hujan. Jika terpaksa menggunakan air ledeng, sebaiknya tahan selama satu malam sebelum digunakan untuk penyiraman Calathea. Air yang banyak mengandung bahan kimia atau air ledeng tanpa mengendap akan membuat daun calathea yang rusak seolah-olah terbakar.

  1. Pemupukan

Pemberian pupuk bertujuan untuk menjaga kesuburan tanaman Calathea ini. Namun, tak perlu sering memberikan pupuk. Kamu bisa memberi pupuk pada tanaman Calathea sebulan sekali. Jenis pupuk yang bisa Kamu gunakan adalah pupuk NPK. Pupuk ini terkenal dengan kandungannya yang sangat bermanfaat untuk tanaman hias seperti nitrogen, fosfor dan unsur hara.

  1. Penyiangan

Selain melakukan penyiraman dan pemupukan, jangan lupa untuk melakukan penyiangan pada area sekitar tanaman Calathea. Penyiangan dilakukan dengan tujuan membasmi tanaman gulma yang berada di sekitar tanaman ini. Tanaman gulma akan mengganggu pertumbuhan tanaman Calathea karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya untuk tanaman Calathea.

  1. Pencahayaan

Tanaman Calathea cocok untuk rumah yang memiliki pencahayaan rendah. Perlu diketahui, tanaman ini tidak dapat tumbuh baik di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat daunnya memutih. Maka dari itu, tempatkan tanaman ini di ruangan dengan cahaya yang redup dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Calathea Crimson ini termasuk kedalam jenis Calathea dengan harga yang cukup mahal. Buat kamu yang tertarik dengan tanaman ini, kamu bisa membelinya di berbagai e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee dengan harga mulai dari Rp 350.000. Besaran harga Calathea Crimson ini juga tergantung dengan ukuran dan rimbunnya daun ya.

Baca juga: Mengenal Jenis Calathea Orbifolia dan Cara Merawatnya

Bagaimana? Setelah mengenal Calathea Crimson dan harganya, apakah kamu berminat untuk menambah koleksi tanaman hiasmu di rumah? (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle TikTok @amani.jungle)

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here