Home Populer Mengenal Calathea Medallion, Lengkap dengan Perawatan dan Harganya!

Mengenal Calathea Medallion, Lengkap dengan Perawatan dan Harganya!

mengenal Calathea Medallion

Agrozine.id – Calathea Medallion menjadi salah satu jenis Calathea yang digandrungi oleh plant lovers. Apakah kamu salah satunya? Kamu sudah tau berapa harga Calathea jenis ini? Lalu, bagaimana perawatan Calathea Medallion yang baik dan benar? Kali ini kita akan mengenal Calathea Medallion, lengkap dengan perawatan dan harganya!

Calathea Medallion adalah spesies tanaman yang termasuk ke dalam genus Calathea dalam famili Marantaceae. Calathea Medallion ini berasal dari hutan tropis Amerika Selatan tepatnya Brasil.

Baca juga: Mengenal Calathea Crimson dan Harganya

Calathea ini termasuk kedalam tanaman abadi (evergreen) yang tumbuh tinggi hingga 50cm dengan daun hijau pucat. Lalu, pada permukaan ditandai dengan motif merak berwarna hijau tua dan garis putih yang membentuk gradasi cantik. Dan permukaan bawah daunnya berwarna ungu tua.

Lalu, Calathea Medallion juga memiliki batang semu yang muncul dari rimpang yang tebal hingga mencapai tinggi 30-50 cm. Helai daun Calathea ini muncul dari percabangan rumpun batang semu yang pendek. Helai daun Calathea Medallion berbentuk oval dengan panjang mencapai 23-50 cm dan permukaannya kasar.

Dalam merawat Calathea Medallion membutuhkan lebih banyak keterampilan dan ketekunan daripada beberapa varietas tanaman hias dalam ruangan lainnya. Sebab, mereka harus ditempatkan jauh dari sinar matahari langsung. Cahaya atau sinar matahari yang terik akan menyebabkan daun-daunnya menggulung. Suhu yang disukai untuk pertumbuhannya adalah 16oC – 21oC.

Tanaman ini menyukai kondisi tanah yang lembab dan penyiraman dengan kabut air. Maka dari itu, Kamu hanya perlu melakukan penyiraman saat air di media tanam sudah mulai mengering.

Kemudian, media tanam yang cocok untuk menanam Calathea yaitu media tanam yang subur dan kondisinya agak basah. Kamu dapat membuat media tanam dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 2:2:1.

Jika kamu menanamnya dengan pot,sebaiknya dengan pot plastik berlubang. Lubang-lubang di bagian bawah memungkinkan air berlebih mengalir sementara bahan plastik mencegah tanah mengering sepenuhnya.

Calathea dapat tumbuh dengan baik jika diberi pupuk secara rutin. Setidaknya kamu bisa melakukan pemupukan 2-3 minggu sekali. Kamu bisa beri pupuk kandang, pupuk kompos, dan pupuk NPK.

Dengan keindahan motif pada daunnya, kira-kira berapa harga Calathea Medallion ini ya? Ternyata jenis ini termasuk kedalam jenis Calathea termahal lho. Harganya mulai dari Rp 100 ribu bahkan mencapai jutaan rupiah tergantung dengan besar dan rimbunnya daun.

Baca juga: Mengenal Jenis Calathea Pink Jessy dan Cara Merawatnya

Setelah mengenal Calathea Medallion, cara perawatan, dan harganya apakah kamu tertarik menambahkannya ke koleksi tanaman hias favoritmu?

Manfaat tanaman Calathea ini selain sebagai penghias rumah, juga dipercaya dapat memberikan kebaikan kepada penghuni rumahnya karena dikenal juga sebagai prayer plant. (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here