Home Perikanan Mengenal Cara Kerja dan Manfaat Probiotik untuk Ikan, Sehat dan Melimpah

Mengenal Cara Kerja dan Manfaat Probiotik untuk Ikan, Sehat dan Melimpah

Probiotik untuk Ikan

Agrozine – Hasil panen yang melimpah menjadi harapan besar bagi petani. Namun, penyakit dan ketidakrataan pertumbuhan ikan kerap menjadi masalah utama. Untuk mengatasi masalah tersebut, probiotik mulai disosialisasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan masih menjadi pilihan utama hingga kini. Di bidang perikanan, bakteri baik ini biasa digunakan sebagai pengontrol kualitas air, padahal dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut cara kerja probiotik untuk ikan dan manfaatnya dari penggunaan yang efektif, simak ulasannya!

 

Definisi Probiotik

Probiotik merupakan mikroba baik bagi ikan yang terdiri dari bakteri asam laktat seperti lactobacillus, carnobacterium, beberapa kelompok Bacillus, dan Pseudomonas. Bakteri probiotik hidup dengan cara hinggap atau menempel pada bagian tubuh ikan ataupun udang, dan berpengaruh baik pada inangnya.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia mengartikan probiotik sebagai mikroba hidup yang bila dikonsumsi dengan jumlah yang memadai, dapat meningkatkan kesehatan manusia atau hewan yang mengonsumsinya.

Makhlup hidup ini menguntungkan bagi inangnya. Jenis Lactobacillus dan Bacillus paling banyak digunakan oleh produsen probiotik komersil karena diklaim kedua jenis bakteri baik ini dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat, serta bermanfaat bagi pencernaan inangnya.

 

Cara Kerja Probiotik Ikan

Berikut ini beberapa cara kerja bakteri baik sehingga nelayan dan pelaku usaha dapat memaksimalkan penggunaan probiotik untuk meningkatakan hasil panennya.

 

  1. Probiotik bagi Pertumbuhan Ikan

Probiotik dapat memacu pertumbuhan ikan karena memproduksi enzim yang dapat membantu tubuh inang untuk memecah makanan sehingga dapat diserap dengan baik. Probiotik sebaiknya dicampurkan ke dalam pakan, sehingga akan langsung masuk ke dalam pencernaan ikan. Menurut beberapa penelitian, probiotik sebaiknya diberikan dengan frekuensi dua kali seminggu.

 

  1. Probiotik bagi Penyakit Ikan

Salah satu penyakit yang sering timbul pada ikan disebabkan oleh bakteri. Dalam tubuh ikan, mekanisme kerja probiotik dapat menghasilkan zat antibakteri yang dapat menekan pertumbuhan bakteri lain, sehingga jumlahnya tidak membahayakan bagi ikan. Pemberian probiotik pada pakan, air, ataupun keduanya dapat dilakukan, karena bakteri pembawa penyakit ada dalam pencernaan ikan ataupun lingkungan tempatnya hidup. Beberapa ilmuwan meneliti probiotik juga mampu mengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.

  1. Probiotik untuk Kualitas Air

Cara ini justru paling populer pada kelompok nelayan karena disebutkan dalam kemasan probiotik komersil yang beredar di pasaran.  Probiotik dapat mengelola kualitas air sehingga ikan dapat tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal dalam air. Bakteri baik ini juga berfungsi sebagai penurun kadar zat-zat yang membahayakan pada ikan, seperti nitrat dan nitrit. Beberapa probiotik juga mulai diteliti untuk dapat digunakan sebagai penstabil kadar oksigen terlarut dalam air.

 

Manfaat Probiotik Ikan

Probiotik memiliki banyak manfaat, tidak hanya pada tingkat pembesaran ikan, namun juga dapat digunakan terus menerus mulai dari ukuran larva. Menurut hasil penelitian, dapat dihasilkan produksi ikan yang lebih baik dari segi pertumbuhan dan ketahanannya terhadp penyakit, bahkan kelangsungan hidup ikan (survival rate) semakin tinggi.

Di Eropa, probiotik mulai digunakan peternak sejak 1970-an. Penggunaannya memberikan dampak positif pada ternak, yakni meningkatnya daya tahan tubuh ternak, mengendalikan dan menekan jumlah bakteri penyebab penyakit. Pemberian probiotik pada ikan dapat mengkondisikan jumlah dan ragam mikroba yang menghuni saluran pencernaannya.

Nah, sekarang kita telah mengenal lebih lanjut cara kerja dan manfaat probiotik untuk ikan. Bila dihitung secara ekonomi, penggunaan probiotik pada kolam ikan sangat menguntungkan dengan hasil panen yang melimpah. Ikan peliharaan juga tentunya akan terhindar dari masalah penyakit yang kerap dihadapi nelayan dan pelaku usaha. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here