Home Biodiversitas Mengenal Cyrtosperma Johnstonii, Si Keladi Berduri Eksotis Lengkap dengan Harganya

Mengenal Cyrtosperma Johnstonii, Si Keladi Berduri Eksotis Lengkap dengan Harganya

Agrozine.id – Mungkinkah anda pernah mendengar nama tanaman hias Crytosperma? Yup, tanaman ini sering juga disebut keladi papua yang terlihat eksotis dengan duri di sepanjang batang dan permukaan bawah daunnya. Salah satu jenisnya adalah Cyrtosperma johnstonii yang memiliki daun berbentuk seperti panah dengan batangnya yang mencolok lengkap dengan durinya yang kecil tapi tajam. Nah dalam artikel ini, Agrozine.id akan mengajak anda untuk mengenal Cyrtosperma johnstonii lebih detail serta membahas sedikit soal harga tanaman ini.

Cyrtosperma johnstonii juga sering disebut black jack. Tanaman ini berasal dari Pulau Solomon dan sekitarnya, namun masyarakat umum juga sering menyebutnya dengan nama keladi papua.

Tanaman ini memiliki keunikan pada batangnya yang bercorak dan memiliki warna pink yang mencolok pada urat daunnya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki duri di sepanjang batang dan bagian permukaan daunnya.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Philodendron dan Perawatannya

Cyrtosperma sendiri masuk ke dalam keluarga Araceae atau talas-talasan yang memiliki ciri khas berduri dengan batang yang kaku dan keras, bercorak bagus dan kasar jika dipegang. Daun tanaman ini biasanya menghadap keatas dan ukurannya lumayan besar.

Yang membuat Cyrtosperma unik adalah warna pink mencolok pada urat daunnya. Namun seiring berjalannya waktu dan tanaman semakin besar, maka warna pink tersebut akan semakin memudar.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan metode stek sehingga biasanya akan menghasilkan anakan yang sama persis dengan indukannya. Tanaman Cyrtosperma johnstonii tumbuh berumpun dengan tajuk di bagian tengah tumbuhan.

Baca Juga: Mengenal Anthurium Magnificum Verde, Perawatan dan Harganya

Helaian daun pada tanaman ini bisa mencapai panjang 1,5 meter dan tinggi tanaman bisa mencapai 3 meter. Selain itu, tanaman ini dikenal toleran terhadap genangan air sehingga tidak perlu khawatir jika media tanamnya tergenang atau disiram berlebihan.

Media tanam yang dibutuhkan untuk memelihara tanaman ini adalah campuran lumut dan pakis. Selain toleran terhadap air, tanaman ini juga toleran terhadap cahaya matahari sehingga jika diletakkan di tempat yang terang semburat warna pada daun akan terlihat lebih cerah dan pertumbuhan tanaman akan lebih cepat jika dibandingkan dengan tanaman yang diletakkan di tempat yang memiliki cahaya redup.

Jika tanaman menyukai air, maka biasanya tanaman tersebut juga suka dengan tempat yang lembab, sehingga jika dibiarkan di suhu kering maka ujung daun biasanya akan menggulung dan terbakar. Untuk mencegah daun terbakar, maka dapat dilakukan dengan merendamnya di dalam air untuk mengembalikan bentuk dan warna daun. Namun cara ini tidak dapat dilakukan pada daun tanaman yang masih muda.

Baca Juga: Mengenal Monstera Thai Constellation Variegata, Berapa Sih Harganya?

Untuk harganya sendiri, tanaman ini dijual dengan harga yang bervariasi tergantung pada ukuran dan usia tanaman. Tanaman dewasa biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 175 ribu hingga jutaan rupiah tergantung dengan tinggi tanaman.

Itulah sekilas informasi mengenal Cyrtosperma johnstonii. Apakah anda memiliki koleksi tanaman hias eksotis ini di rumah atau nursery anda? Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here