Home Pertanian Mengenal Doni Yusri, Direktur Pengembangan Bisnis PT BLST IPB University

Mengenal Doni Yusri, Direktur Pengembangan Bisnis PT BLST IPB University

agrozine.id – Doni Yusri. pria murah senyum berusia 44 tahun ini menjalani masa SD hingga SMA di tanah kelahirannya, Krui Lampung. Minatnya untuk menjadi penyuluh pertanian membawanya ke Institut Pertanian Bogor hingga menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian pada tahun 2000. Di IPB pula, ia menyelesaikan pendidikan S2 di Program Studi Magister Manajemen pada tahun 2010.  Tak cukup sampai di situ, kemampuan akademis dan intelektualitasnya terus diasah dengan menyelesaikan pendidikan S3 di jurusan Human Geography, Fakultas Geografi dan Geosains pada tahun 2016 di Universitas Goetting, Jerman.

Semasa kuliah S1, Doni aktif di organisasi kemahasiswaan, baik di tingkat jurusan, fakultas, dan universitas. Ia pernah menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Sosek IPB tahun 1997, Ketua Umum Senat Mahasiswa Faperta IPB 1998-1999, sebagai Koordinator Humas di Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia, dan aktif di Himpunan Mahasiswa Islam. Saat kuliah S3 di Jerman pun, Pria yang hobi traveling dan touring ini menjadi Wakil Ketua Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia di Jerman.

Hingga saat ini, di sela-sela kesibukannya, Doni masih menyempatkan diri untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya di organisasi kemasyarakatan. Saat ini ia aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Orwilsus Bogor sebagai Wakil Ketua dan juga sebagai Sekretaris  Umum Korps Alumni HMI Bogor.

Setelah menyelesaikan program doktornya di Jerman dan kembali ke Indonesia, Doni bertugas sebagai Tenaga Ahli di Komisi 2 DPR RI periode 2014-2019 dan mengajar di Universitas Pertamina. Namun, panggilan hatinya membuatnya kembali ke rumah intelektualnya, yaitu IPB. Seiring sejalan dengan istrinya, Dr. Heti Mulyati, dosen Manajemen FEM IPB yang juga diamanahi sebagai Direktur SDM IPB. Pria yang suka berdiskusi di warung kopi ini mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan sebagai dosen pada Program Studi Manajemen Industri – Sekolah Vokasi IPB dan peneliti pada Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB.

Tak hanya berkiprah sebagai akademisi, Ayah dari  Zaza dan Frala ini pun juga berkiprah dalam dunia usaha, khususnya di perusahaan-perusahaan milik IPB University. Di antaranya pernah menjadi Komisaris PT PrimaKelola IPB, menjadi representatif PT BLST IPB di Dewan Direksi PT GrhaWita Cendikia Santika Bogor, dan sejak tahun 2019 diamanahi sebagai Direktur Pengembangan Bisnis PT BLST IPB University hingga sekarang.

Hadirnya Doni di PT BLST IPB University membawa perusahaan ini lebih dikenal di kalangan alumni khususnya, dan oleh dunia luar pada umumnya. Dalam mempromosikan PT BLST IPB University, ia menggunakan kekuatan media digital sehingga perusahaan ini jauh lebih cepat dikenal khalayak. Hasilnya, relasi dan jaringan perusahaan ini meningkat jauh lebih banyak dari sebelumnya. Doni berharap, ke depan lebih banyak lagi alumni IPB yang memakai produk-produk dari holding company IPB University ini dan lebih banyak lagi alumni IPB yang terlibat dalam pengembangan bisnisnya.

Sebagai dosen dan praktisi dunia usaha, Doni berpesan pada para mahasiswa khususnya dan para generasi muda milenial umumnya, agar bisa lebih menguasai teknologi digital (kekuatan digital) sehingga bisa lebih eksis, bisa berekspresi memperkenalkan banyak hal, dan pada akhirnya bisa menghasilkan dan sukses meskipun dalam situasi sulit seperti saat ini.

 Sekilas Tentang PT BLST IPB University

PT BLST IPB singkatan dari PT Bogor Life Science and Technology IPB University adalah holding company dari IPB University yang berdiri tahun 2003, diawali dengan berdirinya PT IPB Shigetta yang memproduksi vaksin flu burung. Seiring berjalannya waktu, kini PT BLST IPB memiliki 10 anak perusahaan yang bergerak dengan tiga klaster, yakni berbasis aset, berbasis pelayanan, dan berbasis sains.

Anak-anak perusahaan ini bergerak di bidang konsultasi, training, percetakan dan penerbitan buku, outlet, servis jasa meeting dan hotel, laboratorium hewan, konsultan dan pemasaran produk pertanian, perbankan syariah, serta produksi produk berbasis inovasi IPB. Beberapa nama anak perusahaannya tidak asing di telinga konsumen atau publik, seperti PT Serambi Botani, IPB Press, PrimaKelola, BMTI, IPB Convention Center dan IPB Hotel, serta PT Botani Seed. Selama ini, keberadaan PT BLST telah memberikan kontribusi bagi pendanaan dan perkembangan kampus IPB University. Ke depan, PT BLST akan terus berkembang untuk mencapai visinya, yaitu menjadi perusahaan induk IPB University berbasis inovasi dan keahlian terbaik dan terdepan untuk kemajuan industri biosains pertanian, kelautan, dan tropis yang berdaya saing dan berkelanjutan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here