Home Populer Mengenal Epipremnum sp Bali Hanoman, Tanaman Sultan dari Indonesia dan Harganya Selangit

Mengenal Epipremnum sp Bali Hanoman, Tanaman Sultan dari Indonesia dan Harganya Selangit

Agrozine.id – Seperti halnya jenis tanaman hias lainnya, kini tanaman hias epipremnum juga mulai digandrungi masyarakat. Tanaman yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor ini digandrungi lantaran warna dan bentuk daunnya yang unik, dan saat ini ada salah satu jenis tanaman hias epipremnum yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat dan karena hal tersebut kini harga tanaman ini melambung tinggi hingga mencapai 50 juta. Tanaman tersebut adalah Epipremnum sp Bali Hanoman yang ditemukan oleh anak-anak muda di Bali.

Baca Juga: Alasan Sebenarnya Kenapa Monstera Albo Variegata Mahal

Epipremnum adalah salah satu tanaman hias dari keluarga Araceae. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu sirih gading. Epipremnum termasuk tanaman merambat dengan pangkal daunnya cenderung lurus. Epipremnum memiliki akar udara yang membantunya tumbuh dengan merambat. Tanaman ini dapat tumbuh baik di media tanam air maupun di dalam pot.

Saat ini muncul spesies baru di dalam list tanaman epipremnum yaitu Epipremnum sp Bali Hanoman di Bali yang ditemukan oleh anak-anak muda Bali. Epipremnum sp Bali Hanoman ini dikenal sebagai salah satu tanaman hias sultan lantaran harganya yang cukup mahal. Namun begitu harga tidak menjadi masalah bagi mereka para kolektor tanaman hias sehingga meski dengan harga yang menguras kantong, tanaman ini tetap laku terjual.

Epipremnum ditemukan oleh anak muda di Bali. Menurut Risman salah satu orang yang menemukan spesies tanaman tersebut awal pertama ditemukannya tanaman ini adalah secara tidak sengaja pada akhir tahun 2020. Sama seperti tanaman epipremnum lainnya, tanaman ini juga ditemukan merambat di pohon dengan ketinggian hampir 12 meter.

Baca Juga: Asal Usul Tanaman Hias Monstera Thai Constellation, 
Tanaman Hias dengan Harga Selangit

Epipremnum sp Bali Hanoman ini memiliki daun berwarna putih dengan guratan hijau samar pada permukaan daunnya. Saat ditemukan tanaman tersebut tidak memiliki daun di bagian bawah sehingga jarang orang yang menyadari keberadaannya.

Warna putih pada tanaman ini disebabkan oleh mutasi alam dan saat ini tanaman  ini masih sulit ditemukan di wilayah manapun. Nama Epipremnum Hanoman sendiri dijadikan sebagai nama jual karena pada saat ditemukan tanaman tersebut memang tidak diketahui namanya. Sedangkan penambahan sp Bali pada penamaan tanaman karena tanaman tersebut pertama kali ditemukan di Bali.

Baca Juga: Mengenal Raphidophora Tetrasperma, Monstera Khas Indonesia yang 
Sempat Laku Rp 77 Juta

Bentuk tanaman ini yang unik membuat banyak permintaan terus masuk untuk membeli tanaman hias tersebut. Hal inilah yang akhirnya menjadikan harganya melambung tinggi dan saat ini bahkan dibanderol mencapai 50 jutaan.

Itulah sekilas informasi tentang Epipremnum sp Bali Hanoman. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here