Home Kampus Mengenal Fakultas Peternakan IPB University

Mengenal Fakultas Peternakan IPB University

fapet.ipb.ac.id

Agrozine.id – Halo sobat Agro milenial yang lagi pilih-pilih jurusan untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Kali ini agrozine ingin memperkenalkan kepada kamu salah satu fakultas yang ilmunya penting banget, amat dibutuhkan demi kelangsungan hidup manusia dan hewan ternak di muka bumi, yaitu Fakultas peternakan yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Mengapa ilmu di bidang peternakan sangat penting dalam kehidupan? Sebab, produk peternakan seperti daging, telur, dan susu merupakan pangan bergizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia. Hasil ikutan dan limbahnya juga bernilai ekonomis tinggi yang mendukung industri nonmigas (industri sepatu, tas, tekstil dan aksesories, pupuk organik, pupuk cair, serta biogas). Industri peternakan nasional dan internasional berkembang sangat pesat sehingga saat ini telah menjadi trend di dunia. Oleh karena itu, dunia butuh sumber daya manusia profesional yang mampu mengelola peternakan dan hasil ternak.

IPB University merupakan lembaga pendidikan yang concern pada bidang pertanian, peternakan, kedokteran hewan, kehutanan, dan perikanan. Oleh karena itu, Fakultas Peternakan merupakan salah satu fakultas yang pertama kali ada saat Institut Pertanian Bogor pertama kali didirikan pada tahun 1963.

Fakultas Peternakan IPB merupakan salah satu fakultas pioneer di Indonesia. Fakultas ini telah memberikan andil dalam merintis pendirian beberapa fakultas peternakan lain di Indonesia, seperti Fakultas Peternakan di Universitas Jambi, Universitas Bengkulu, Universitas Andalas, Universitas Lampung, Universitas Sriwijaya, Universitas Juanda, UHamka, Universitas Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Nusa Cendana, Universitas Jember, dan Universitas Hasanudin.

Fakultas peternakan IPB memiliki visi ”Menjadi lembaga pendidikan tinggi unggul pada bidang peternakan tropika yang berbasis riset dan kewirausahaan serta terdepan dalam inovasi di tingkat global untuk kemandirian bangsa”

Untuk mendukung visinya tersebut, Fakultas Peternakan IPB menjalankan misinya, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi peternakan yang berkualitas yang didukung oleh hasil-hasil penelitian dan teknologi digital untuk menghasilkan lulusan yang professional dan berkarakter kewirausahaan di bidang peternakan.
  2. Membangun budaya riset yang unggul dalam menciptakan ekosistem inovatif untuk menghasilkan solusi konkrit bagi permasalahan dunia usaha peternakan.
  3. Melakukan pelayanan terhadap masyarakat peternakan melalui penyebaran inovasi dalam rangka memperkuat dunia usaha peternakan dan kemandirian bangsa.
  4. Menjalin hubungan dengan alumni dan pemangku kepentingan lain dalam memperkuat peran Fakultas Peternakan di tingkat global.
  5. Memperkuat sistem manajemen yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan menerapkan teknologi informasi yang handal.

Sebagai lembaga pendidikan yang profesional, tujuan yang ingin dicapai Fakultas Peternakan IPB, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan berkompeten dalam bidang peternakan yang berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi berlaraf internasional serta teknologi tepat guna.
  3. Mendiseminasi teknologi hasil penelitian untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan mutu manajemen institusi yang profesional.
  5. Mengarusutamakan peternakan berkelanjutan.

Fakultas Peternakan IPB memiliki motto ”Berkarya menghasilkan lulusan yang bermutu”. Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas ini menyediakan fasilitas belajar yang excellent, gedung perkuliahan, laboratorium dan kantor dengan luas 3.2 Ha, laboratorium lapang di kampus darmaga seluas 10 Ha dan Jonggol seluas 169 Ha. Selain itu, terdapat pula fasilitas yang mendukung kegiatan akademik seperti hotspot area, taman untuk kuliah dan diskusi outdoor, kafetaria, serta sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa untuk pengembangan softskill mahasiswa, terutama jiwa entrepreneurship.

Fakultas Peternakan IPB memiliki teknologi dari hulu sampai hilir di bidang peternakan (perencanaan usaha peternakan, pakan, produksi ternak, penanganan, pengolahan dan pemasaran produk peternakan)  serta sumberdaya pembelajaran yang handal dan layak di bidang peternakan. Dengan adanya teknologi dan sumberdaya ini, Fakultas Peternakan IPB dapat menghasilkan SDM berdaya saing tinggi dalam penguasaan IPTEK dan Kewirausahaan Peternakan.

Dosen Fakultas Peternakan IPB adalah lulusan dari dalam dan luar negeri yang sangat kompeten dan profesional, demikian juga staf teknisi dan administrasinya. Fakultas Peternakan IPB memiliki  jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintahan maupun perusahaan swasta, baik dalam maupun luar negeri.

Terdapat tiga program studi di Fakultas Peternakan, yaitu:

  • Program Studi Teknologi Produksi Ternak (TPT) dan
  • Program Studi Teknologi Hasil Ternak (THT)
  • Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan (NTP)

Program Studi baik S1 maupun S2 dan S3 sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Program Studi baik IPTP dan INTP sudah mendapatkan sertifikasi internasional AUN-QA (Asean University Network). Hal itu menjadi jaminan bahwa Academic Excellence selalu terjaga di Fakultas Peternakan IPB.

Mahasiswa Fakultas Peternakan Baik S1, S2, maupun S3 memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman menimba ilmu di luar negeri. Hal ini diwadahi dengan program-program berikut.

Sarjana:

  • Student Exchange
  • Summer/Winter Course
  • Credit Earning/Supporting Course
  • Magang di Luar Negeri

Pascasarjana :

  • Double Degree
  • Sandwich Programme

Program-program tersebut merupakan kerjasama Fakultas peternakan IPB dengan Adelaide University (Australia), Gottingen University (Jerman), Bonn University (Jerman), Obihiro University (Jepang), Maejo University (Thailand), University Putra Malaysia (Malaysia), National Pingtung University (Taiwan).

Bagi kamu yang mengalami kendala dana pendidikan, jangan khawatir karena ada sumber beasiswa yang dapat diajukan, antara lain: PPA, Supersemar, Beasiswa BBM, POM IPB, Yayasan Persada, Rhys-Keanu, PR. Daniprisma, PT. Indocement, Gudang Garam, Toyota Astra, Dana SPP IPB, Dharma Pertiwi, Yayasan Salim, Cresent, ICAC, BPPM, Singapore Airline, Korindo, Martha Tilaar, BIC, EPSON, Zakat, BMU, BRI, Metrodata, Sari Ayu, TNI-AL, YKPP, Taspen, PKPS-BBM, Pertamina, BI, TPSDP, Yampi, BUD, Charoend Pokphand, dan PT. DJARUM.

Bagaimana, mantap kan Fakultas Peternakan IPB University ini? Kamu bisa memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengunjungi situs Fakultas Peternakan IPB University. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan kamu tentang ragam pilihan ilmu di Perguruan Tinggi. (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here