Home Kampus Mengenal Fakultas Teknologi Pertanian IPB University

Mengenal Fakultas Teknologi Pertanian IPB University

ipb.ac.id

Agrozine.id – Kalau kamu baru lulus SMA dan sedang pilih-pilih bidang apa yang ingin kamu ambil, sebaiknya kamu pertimbangkan bidang keren yang satu ini, Teknologi Pertanian. Selama ada manusia, pertanian selalu dibutuhkan karena dari bidang yang satu inilah manusia bisa mendapatkan makanan untuk hidup. Bisa dikatakan “Pertanian Memberi Makan Dunia”. Seiring perkembangan zaman, dibutuhkan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat kerja manusia, termasuk dalam bidang pertanian. Oleh karena itu, peran ilmu Teknologi Pertanian menjadi penting untuk mendukung bidang paling pokok manusia ini. Salah satu universitas yang telah terbukti sejak dulu menghasilkan lulusan yang andal di bidang ini adalah IPB University. Kali ini, kamu akan dikenalkan pada Fakultas Teknologi Pertanian IPB University.

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) merupakan salah satu fakultas di IPB University. Nama fakultas tersebut bermetamorfosis dari Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (FATEMETA) yang berdiri pada tanggal 3 Oktober 1964 di Bogor.

Saat ini, FATETA berada di Kampus IPB Dramaga Bogor yang menempati gedung berlantai empat dengan luas 22.000 m2 yang terdiri dari perkantoran, ruang kelas, laboratorium, serta unit layanan akademik dan mahasiswa. FATETA juga memiliki bangsal pilot plant (F-Technopark) dan laboratorium lapangan Leuwikopo di kawasan Kampus IPB Dramaga.

FATETA memiliki visi “Menjadi fakultas unggulan pendidikan tinggi di bidang teknik dan teknologi dengan fokus pada pertanian, kelautan, dan biosains tropis.”

Sejalan dengan visi tersebut, misi FATETA untuk pembangunan tahun 2019-2023 adalah sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan unggulan di bidang teknik dan teknologi dengan fokus pada pertanian, biosains kelautan dan tropika.
  • Menyelenggarakan dengan keunggulan penelitian, pengembangan, dan diseminasi pengetahuan dan inovasi di bidang rekayasa dan teknologi dengan fokus pada pertanian, kelautan dan biosains tropis.
  • Berperan aktif dalam bidang rekayasa dan teknologi dengan fokus pada pertanian, biosains kelautan dan tropis berkontribusi pada budaya, ilmu pengetahuan, dan kesejahteraan kehidupan masyarakat.

Sesuai dengan Visi dan Misi FATETA IPB, berbagai program telah disusun dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang rekayasa dan teknologi, berintegritas dan berdaya saing.
  • Menghasilkan ilmu pengetahuan dan inovasi teknis dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Memberdayakan masyarakat dalam menerapkan dan membudayakan inovasi teknis dan teknologi.

Ada 4 (empat) jurusan/departemen di Fateta, yaitu Jurusan Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIN) , dan Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL).

Teknik Mesin dan Biosistem (TMB)

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB) memiliki amanat keilmuan dalam pengembangan ilmu keteknikan dan penerapannya di bidang pertanian dalam arti luas. Bidang keilmuan Departemen TMB dikelompokkan menjadi 4 (empat) divisi, yaitu Teknik Mesin dan Otomasi, Rekayasa Biosistem, Teknik Energi Terbarukan, dan Teknik Bioinformatika.

Sesuai dengan amanat keilmuannya, Departemen TMB mengelola 4 (empat) program studi sebagai berikut:

  • Teknik Pertanian dan Biosistem(Sarjana)
  • Teknik Pertanian dan Biosistem(Magister)
  • Teknologi Pascapanen(Magister)
  • Ilmu Keteknikan Pertanian(Doktor)

Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP)

Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) memiliki mandat keilmuan dalam pengembangan ilmu dan teknologi pangan, meliputi kimia, mikrobiologi, rekayasa proses, analisis, mutu dan keamanan pangan. Bidang keilmuan Departemen ITP dikelompokkan menjadi 4 (empat) divisi, yaitu Kimia Pangan, Mikrobiologi Pangan, Rekayasa Proses Pangan, dan Biokimia Pangan. Sesuai dengan amanat keilmuannya, Departemen ITP mengelola 4 (empat) program studi sebagai berikut:

  • Teknologi Pangan(Sarjana)
  • Teknologi Pangan(Magister)
  • Ilmu Pangan (Magister)
  • Ilmu Pangan (Doktor)

Teknologi Agroindustri (TIN)  

Departemen Teknologi Agroindustri mempunyai mandat keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agroindustri yang meliputi rekayasa dan manajemen industri, teknologi proses dan bioproses, serta rekayasa dan manajemen lingkungan. Bidang keilmuan Departemen Teknologi Agroindustri dikelompokkan menjadi 7 (tujuh) divisi, yaitu (1) Teknik dan Sistem Industri; (2) Teknologi Proses; (3) Bioindustri; (4) Teknologi Pengemasan, Pergudangan dan Sistem Transportasi; (5) Kontrol Kualitas; (6) Teknik dan Manajemen Lingkungan; dan (7) Aplikasi Bisnis dan Industri. Departemen ini mengelola 3 (tiga) program studi sebagai berikut:

  • Teknik Industri Pertanian (Sarjana)
  • Teknik Industri Pertanian (Magister)
  • Teknik Industri Pertanian (Doktor)

Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL)

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) berdiri sejak tahun 2008, sebagai pengembangan dari Jurusan Teknik Pertanian. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan memiliki mandat keilmuan dalam pengembangan teknik struktur dan infrastruktur, teknik lingkungan, teknik sumber daya air dan teknik geomatika. Bidang keilmuan Departemen SIL dikelompokkan menjadi 4 (empat) divisi, yaitu (1) Teknik Struktur dan Prasarana, (2) Teknik Lingkungan, (3) Teknik Sumber Daya Air, dan (4) Teknik Geomatika. Departemen SIL mengelola 2 (dua) program studi sebagai berikut:

  • Teknik Sipil & Lingkungan (Sarjana)
  • Teknik Sipil & Lingkungan (Magister)

Demikian penjelasan tentang Fakultas Teknologi Pertanian IPB University. Bagaimana, tertarik untuk bergabung di fakultas yang keren ini? Semoga bermanfaat. (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here