Home Biodiversitas Mengenal Gorila, Primata Terbesar di Bumi

Mengenal Gorila, Primata Terbesar di Bumi

worldwildlife.org

Agrozine.id – Hewan primata yang satu ini mungkin sering kamu dengar, tetapi mungkin belum pernah kamu temui. Gorila adalah spesies kedua setelah simpanse yang terdekat dengan manusia. 97-98% DNA hewan ini identik dengan DNA manusia.  Ada dua spesies hewan ini, yaitu gorila timur dan gorila barat. Gorila timur umumnya berwarna lebih gelap, memiliki wajah yang lebih panjang, dan dada yang lebih lebar daripada saudaranya.

Habitat alami hewan ini meliputi hutan tropis atau subtropis di Afrika Sub-Sahara. Meskipun jangkauan primata ini mencakup sebagian kecil dari Afrika Sub-Sahara, tetapi mereka hidup di berbagai ketinggian. Gorila gunung mendiami hutan awan pegunungan Albertine Rift di Gunung Berapi Virunga, mulai dari ketinggian 2.200 hingga 4.300 meter. Gorila dataran rendah hidup di hutan lebat dan rawa-rawa dataran rendah dan rawa-rawa serendah permukaan laut. Gorila dataran rendah barat hidup di negara-negara Afrika Barat Tengah dan gorila dataran rendah timur tinggal di Republik Demokratik Kongo, dekat perbatasan dengan Rwanda.

Hewan ini merupakan primata terbesar di bumi. Tingginya antara 1,25 hingga 1,8 meter dan beratnya antara 100 hingga 270 kg. Rentang lengannya hingga 2,6 meter, tergantung pada spesies dan jenis kelamin. Tubuh jantannya hampir dua kali besarnya dibandingkan betinanya. Gorila jantan tertinggi yang pernah tercatat setinggi 1,95 m, rentang lengan 2,7 m, lebar dada 1,98 m, dan berat 219 kg.

Jika dibandingkan bentuk tubuh manusia, gorila mempunyai tangan dan kaki yang panjang. Tangannya lebih panjang dari kakinya. Dadanya besar dan sebagian besar tubuhnya berbulu, kecuali jari-jemari, wajah, ketiak, telapak kaki dan telapak tangan. Kepalanya besar, matanya kecil, dan berwarna kecokelatan. Gigi dewasanya berjumlah 32. Hewan ini tidak memiliki ekor.

Pancaindra gorila hampir serupa dengan manusia. Setiap individu mempunyai hidung yang unik dan mempunyai sidik jari yang unik pula. Mereka memiliki tingkat kepandaian tinggi. Beberapa penyelidikan menunjukkan bahwa hewan ini bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sandi.

Hewan ini bergerak dengan cara berjalan dengan buku jari, meskipun terkadang mereka berjalan tegak untuk jarak pendek, biasanya sambil membawa makanan atau dalam situasi defensif. Sebuah studi tahun 2018 yang menyelidiki postur tangan dari 77 gorila gunung di Taman Nasional Bwindi Impenetrable (8% dari populasi) menemukan bahwa berjalan dengan buku jari dilakukan hanya 60% dari waktu, dan mereka juga menopang berat badan mereka di kepalan tangan, punggung kaki mereka, dan pada telapak tangan/kaki (dengan jari tertekuk).

Gorila makan tumbuh-tumbuhan, walaupun kadang juga makan serangga sehingga dapat digolongkan sebagai binatang omnivora. Setiap hari primata ini butuh sekitar 25 kilogram makanan yang terdiri dari daun-daunan, bunga-bunga, biji-bijian, batang dan tangkai pohon, serta kuncup bunga. Kadang-kadang mereka juga makan semut dan sejenis rayap. Karena mendapat cairan cukup dari makanannya, gorila sangat jarang minum.

Hewan ini biasanya hidup di dalam kelompok atau keluarga yang terdiri dari 6 sampai 7 ekor. Satu keluarga terdiri dari gorila jantan sebagai pemimpin yang disebut silverback, dua atau lebih betina, dan sisanya anak-anak. Pejantan dewasa dikenal sebagai silverback karena ciri khas rambut perak di punggungnya yang mencapai pinggul. Setiap malam sebelum tidur, mereka membuat sarang tempat tidur yang terdiri dari daun-daunan, tangkai, ataupun rerumputan.

Gorila mulai bereproduksi saat berusia 10-12 tahun. Betinanya mengandung sekitar 8 sampai 9.5 bulan dan bisa melahirkan tiga anak selama hidupnya. Bayinya bisa merangkak di usia sekitar 2 bulan dan bisa berjalan di usia 9 bulan. Di alam liar, hewan ini biasanya mencapai usai 35 tahun. Namun, di kebun binatang hewan ini bisa hidup sampai 50 tahun. (das)

Kunjungi Nursery Tanaman Hias Keren di Kota Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle

Tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here