Home Perikanan Mengenal Hama Penyakit Ikan Sidat dan Cara Mengendalikannya

Mengenal Hama Penyakit Ikan Sidat dan Cara Mengendalikannya

Agrozine.id – Ikan sidat merupakan salah satu komoditas perairan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan memiliki peluang bisnis menjanjikan. Ikan sidat cukup digemari di Indonesia bahkan di dunia. Saat ini mulai banyak bermunculan usaha budidaya ikan sidat untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

Namun dalam budidaya, seringkali tidak diperhatikan faktor hama dan penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan ikan sidat dan bahkan mengakibatkan kerugian bagi peternak. Oleh karena itu mari mengenal hama penyakit ikan sidat dan cara mengendalikannya untuk mendukung perkembangan usaha budidaya ikan sidat ini.

Ikan sidat memiliki nafsu makan yang tinggi. Namun jika diberi pakan terlalu berlebihan akan mengakibatkan sidat mudah terserang penyakit. Jika kolam budidaya ikan sidat tercemar maka akan bermunculan berbagai serangan hama dan penyakit terutama yang menyerang insang ikan sidat.

Hama dan Penyakit Ikan Sidat

1. Penyakit White Spot Ikan Sidat

White spot adalah penyakit yang paling umum menyerang ikan sidat yang disebabkan oleh patogen sejenis jamur. Gejala penyakit ini dapat dilihat dengan munculnya bercak-bercak putih di tubuh ikan sidat. Penyakit ini dapat ditangani dengan menggunakan fungisida akuatik atau dengan memisahkan ikan sidat yang terserang penyakit dari yang masih sehat agar tidak menulari yang lainnya.

2. Penyakit Trichordina Ikan Sidat

Selanjutnya adalah penyakit trichordina yang disebabkan oleh hama trichordina. Hama ini bisa masuk ke dalam tubuh ikan sidat melalui perantara cacing sutera yang merupakan pakan utama ikan ini. Gejalanya terlihat dengan munculnya bercak putih pada ekor glass eel yang mengakibatkan borok bahkan ekor geel terputus.

baca juga : Ini Cara Mudah Budidaya Ikan Sidat

Untuk menanggulangi serangan hama trichordina ini dapat dilakukan dengan menaikkan kadar garam di dalam kolam budidaya.

3. Aeromonas liquiefaciens

Sebab yang ditimbulkan oleh serangan penyakit ini pada ikan sidat adalah menderita fin rot atau busuk insang. Bakteri ini ditemukan di penutup insang, arteri dan vena. Gejala awal yang ditimbulkan adalah hilangnya nafsu makan, gerakan tidak teratur dan ikan sidat lebih sering muncul ke permukaan air. Jika sudah merusak insang, sidat bisa kekurangan oksigen dan akhirnya mati.

4. Plistophora

Plistophora anguilarum merupakan parasit mikrosporidium yang menyerang otot ikan sidat. Patogen ini menyerang ikan sidat melalui bagian otot dan kemudian menyebabkan kista. Sampai saat ini belum ada perlakuan yang efektif untuk mengobati ikan sidat yang terserang penyakit ini karena spora parasit memiliki dinding sel yang tebal sehingga bahan kimia tidak mampu menembusnya.

baca juga : Mengatasi Hama Penyakit Pada Ikan Nila

Demikian penjelasan mengenai hama penyakit ikan sidat. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here