Home Kampus Mengenal Himagron, Komunitas Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB University

Mengenal Himagron, Komunitas Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB University

Agrozine.id -Fakultas pertanian IPB University memiliki 5 departemen dimana salah satu diantaranya adalah Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH). Hampir semua departemen memiliki himpunan mahasiswa dan mahasiswa AGH memiliki himpunan yang bernama Himagron (Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura) IPB University.

Himagron didirikan pada 23 Mei 1973 dan hingga saat ini berumur 47 tahun Himagron masih eksis sebagai salah satu himpunan mahasiswa di IPB University. Himagron IPB adalah sebuah organisasi yang dikembangkan oleh mahasiswa Agronomi dan Hortikultua IPB dan menjadi salah satu founding father dari Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Agronomi Indonesia (HIMAGRI).

BP
Badan Pangawas (BP) Himagron IPB

Himagron menjadi salah satu organisasi yang turut serta dalam revolusi orange yang selalu menjadi tema besar dan landasan adanya Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN). “Himagron dan FBBN pernah bekerjasama dengan pemerintah dan menyelenggarakan Fruit Indonesia dan Flori Indonesia dengan cakupan internasional”, kata Ibnu Surastyo Adji selaku ketua umum Himagron IPB periode 2019/2020.

Tak hanya itu dalam lingkungan kampus Himagron IPB juga mengadakan aktivitas yang ditujukan kepada mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB  dalam rangka mempererat hubungan antara mahasiswa. Selain itu Himagron IPB memiliki desa binaan sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat.

Saat ini Himagron IPB dipimpin langsung oleh Ibnu Surastyo Adji bersama dengan rekan-rekan sepengurusannya. Dalam mendukung keberlangsungan kegiatan organisasinya Himagron memiliki 9 divisi yaitu AgroImplement, AgroResearch, Mibaorsen, Kominfo, Internal, Eksternal, Bismit, BP dan PSDM.

Dalam sosial medianya @Himagronipb membagikan informasi seputar kegiatan himpunan dan isu-isu pertanian serta apresiasi kepada para mahasiswa berprestasi. Selain itu terdapat juga informasi lomba atau informasi seputar perkuliahan untuk membantu para mahasiswa dalam mencari informasi terbaru seputar perkuliahananya.

Himagron IPB memiliki kultur organisasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, jujur, terbuka dan berpikir optimis. “Sebuah organisasi pasti memiliki nilai-nilainya tersendiri dan juga kultur masing-masing. Terbuka, optimis, saling pengertian dan nilai integritas adalah kultur yang berhasil kami bangun di Himagron IPB”, ujar Ibnu.

View this post on Instagram

[ANTIVIRUS CORONA BERBASIS EUCALYPTUS] ————— Halo Hortensians!👋 Gimana nih kabarnya ? Semoga sehat selalu yaa. Ditengah adanya pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, Kementan ada inovasi baru nih. Yuk disimak! Kementerian Pertanian (Kementan) pada Jumat, 8 Mei 2020 launching sebuah produk inovasi antivirus berbasis eucalyptus. Produk inovasi ini merupakan hasil uji lab para peneliti pertanian yang dinilai mampu menangkal penyebaran virus. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa hasil pengujian eucalyptus terhadap virus influenza, virus Beta, dan gamma corona menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen. Saat ini ada sekitar 700 jenis eucalyptus di dunia dengan kandungan bahan aktif yang beragam. Namun bahan aktif utamanya terdapat pada cineol-1,8 yang memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antivirus. Di samping itu, manfaat dari eucalyptus adalah melegakan saluran pernapasan, menghilangkan lendir, pengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri mengurangi mual, dan mencegah penyakit mulut. Kepala Balitbangtan Fajry Jufri mengatakan bahwa produk inovasi eucalyptus sudah dicoba ke paduan yang terpapar virus covid-19 dan hasilnya sangat baik. Balitbangtan telah membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan defuser. Masih penasaran? Yuk di cek link dibawah ⬇️ bit.ly/AntivirusEucalyptus ————— 16/H/05/17 #Agronews #Antivirus #Eucalyptus DEPARTEMEN AGRORESEARCH KABINET HORTENSIA [HIMAGRON 2019/2020]

A post shared by Himagron IPB (@himagronipb) on

Sama seperti komunitas mahasiswa lainnya, Himagron juga memiliki senior atau alumni yang menjadi contoh dalam menjalankan setiap kepengurusan. Dalam hal ini Ibnu menyampaikan bahwa sebagai ketua di Himagron, ia banyak belajar dari senior dan alumni yang sudah terlebih dahulu memimpin di organisasi tersebut.

Dalam masa pandemi seperti saat ini Himagron sama dengan himpunan mahasiswa lainnya di IPB University, menyelenggarakan kegiatannya secara online melalui webinar dan sebagainya. Kegiatan terbaru yang dilakukan oleh Himagron IPB adalah Temulawak (Ketemu sambil ngelawak) yang menyelenggarakan lomba stand up comedy untuk para mahasiswa dari berbagai universitas dengan tema “The First Agriculture Themed Online Stand Up Comedy Show) pada 26 September 2020. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here