Home Hortikultura Mengenal Homalomena, Tanaman Hias Indoor Favorit

Mengenal Homalomena, Tanaman Hias Indoor Favorit

hirts.com

Agrozine – Homalomena menjadi salah satu tanaman hias favorit dalam ruangan karena memiliki beberapa keunggulan dan manfaat. Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama pohon Nampu. Homalomena adalah tanaman dalam ruangan yang relatif mudah untuk tumbuh dengan bentuk dan warna daun yang indah. Tanaman digemari pencinta tanaman karena mudah perawatannya, ketahanannya terhadap penyakit, dan toleransinya terhadap kondisi pencahayaan rendah.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman keluarga keladi ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman herba. Homalomena adalah tanaman asli wilayah tropis hingga subtropis yang ditemukan di iklim lembap seperti di Kolombia, Kosta Rika, Kalimantan, Jawa, Sumatra, Malaysia, dan Filipina. Hampir 135 spesies tanaman Homalomena dapat ditemukan di hutan hujan Asia tenggara hingga Melanesia.
Homalomena bisa tumbuh hingga sepanjang 50 – 60 cm. Batang dan daun  Tanaman ini hadir dalam warna beragam, dari hijau tua ke merah, merah anggur, dan nuansa warna tembaga. Daunnya berbentuk hati atau setengah hati, mengilat seperti dilapisi lilin. Tanaman hias homalomena memiliki bunga yang menarik, tetapi sangat sedikit. Bunganya berbentuk bongkol berwarna ungu, bunga ini tumbuh pada ketiak daundengan bentuk seperti jari.

Ada banyak spesies liar tanaman homalomena, tetapi hanya sedikit yang tersedia secara komersial dan diperuntukkan sebagai tanaman hias. Spesies hibrida lebih banyak dikembangkan karena tampilannya yang luar biasa. Beberapa varietas homalomena yang populer antara lain:

  • Emerald Gemmemiliki daun berwarna hijau tua, mengkilap, dan berbentuk hati
  • Purple Swordmemiliki dedaunan berbintik hijau dan perak dengan bagian bawah burgundy
  • Selbymemiliki daun berbintik hijau muda bermata hijau gelap
  • Pewter Dreammemiliki kemilau abu-abu di dedaunan hijaunya
  • Lemon Glowmemiliki daun oval berwarna kuning kehijauan yang cerah

Homalomena membutuhkan suhu optimal antara 16 sampai 33 derajat celcius. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam eksposur cahaya sedang hingga rendah, tetapi benar-benar berkembang dalam kondisi cahaya sedang. Sinar matahari yang berlebihan dapat membakar daunnya, menyebabkan bintik-bintik terbakar pada daun.

Tanaman ini menghendaki penyiraman yang teratur, tidak suka tanah kering, tetapi juga tidak suka tergenang air. Jadi, buatlah drainase yang baik. Beri pupuk secara teratur dengan pupuk nabati cair sesuai dosis yang disarankan. Tanah untuk homalomena harus semi berpori, berbasis gambut, tetapi tidak terlalu padat, serta mengandung sedikit pasir dan banyak bahan organik humus.

Beberapa kandung yang dimiliki tanaman ini diantaranya adalah saponin, flavonoid, polifenol dan tanin yang berada pada rimpang dan daunnya. Tanaman ini berkhasiat untuk menghilangkan kelembapan angin, memperkuat urat dan tulang untuk obstruksi seperti nyeri, kejang, dan mati rasa. Tanaman ini juga berkhasiat untuk nyeri bengkak karena cedera traumatis. Selain itu, tanaman ini digunakan untuk mengatasi rematik, pegal linu, dan meningkatkan nafsu seks dari pria. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here